Visit Puskesmas : Kegiatan Penjaringan (SMP Bina Harapan)

Hari Senin, tanggal 28 November 2022, saya kembali menjalankan tugas di puskesmas. Kebetulan, pihak puskesmas membutuhkan kami semua untuk membantu kegiatan di luar puskesmas, yaitu penjaringan atau screening di SMP Bina Harapan dan kegiatan Posbindu di Kelurahan Sukamiskin. Kami dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari lima orang. Saya dan empat orang lainnya mendapatkan tugas untuk membantu kegiatan penjaringan. Kami pun berangkat bersama menuju SMP Bina Harapan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Saat kami sampai, kami disambut dengan ramah oleh guru-guru di sana. Para murid sedang melaksanakan upacara bendera dengan tertib saat kami datang. Pembina upacara yang hadir saat itu adalah Kepala Kelurahan, yang ikut juga menyapa dan berbincang sebentar dengan kami. Kami pun membantu mempersiapkan pos-pos pemeriksaan yang sudah disiapkan oleh pihak puskesmas yang ikut bersama kami. Ada tiga pos pemeriksaan yang diadakan, yaitu pemeriksaan berat badan dan fisik, pemeriksaan penglihatan mata, dan pemeriksaan kadar Hb darah. Untuk pemeriksaan Hb darah diutamakan untuk siswi-siswi perempuan karena pada saat sudah mengalami menstruasi, bisa saja terjadi anemia yang mungkin tidak disadari oleh siswi itu sendiri. Namun, untuk kelas 7, murid laki-laki juga mendapatkan pemeriksaan Hb ini.

Pemeriksaan kami lakukan mulai dari kelas 9, lanjut ke kelas 8, dan terakhir kelas 7. Saya mendapat bagian untuk memeriksa penglihatan mata menggunakan Snellen chart. Dari pemeriksaan yang saya dapatkan, ada beberapa murid yang memiliki kelainan refraksi namun sepertinya belum mendapatkan terapi yang seharusnya seperti penggunaan kacamata dan sebagainya. Ada pula salah satu murid lain yang sudah memakai kacamata namun sepertinya besar dioptri gangguan kelainan refraksi yang dimilikinya naik sehingga walaupun memakai kacamata, dia tidak bisa membaca huruf dalam jarak yang seharusnya masih bisa dibaca dengan mata normal.

Pada pemeriksaan kadar Hb darah, ada beberapa siswi yang merasa takut karena harus diambil darahnya. Kami dan pihak puskesmas pun berusaha untuk menenangkan mereka dan menjelaskan tujuan dari pemeriksaan ini. Untungnya, anak-anak murid pun mulai tenang dan bisa bekerja sama dengan baik dalam pemeriksaan. Dari hasil yang didapat, ada beberapa siswa yang kadar Hb-nya di bawah normal. Untuk itu, kami memberikan edukasi mengenai cara untuk menjaga Hb di batas normal, misalnya dengan makan makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah, sayuran hijau, dan lainnya. Setelah semua pemeriksaan sudah selesai, tidak lupa kami mencatat hasil pemeriksaan di laptop yang disediakan oleh puskesmas sebagai laporan kegiatan yang sudah dilakukan selama penjaringan ini.

Saya merasa senang dengan kegiatan ini dan mendapatkan banyak pelajaran dalam melakukan pemeriksaan. Saya juga senang bertemu dengan anak-anak murid yang juga ramah pada kami.