Visit Puskesmas Goes to Posyandu (TM System)

Hari Senin, tanggal 21 November 2022, saya dan teman-teman saya melaksanakan visit puskesmas kembali. Hari ini, kami mendapat tugas di posyandu jadi hampir semuanya pergi ke posyandu saat pembagian tugas. Saya mendapatkan tugas untuk ikut ke posyandu di RW 12 Bina Harapan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari puskesmas. Kami diantar menggunakan ambulan yang disediakan oleh puskesmas.

Setelah sampai di posyandu tujuan kami, saya, satu teman saya, dan satu petugas dari puskesmas yang ikut membantu kami menyapa ibu-ibu PKK yang ada di posyandu tersebut. Kami disambut dengan ramah dan baik oleh ibu-ibu di sana. Mereka juga mempersilahkan kami duduk dan memberikan kami cemilan dan minuman. Selain mengadakan kegiatan rutin posyandu seperti pengukuran berat badan bayi dan balita, pengukuran tinggi balita, pengukuran panjang bayi, dan pengukuran lingkar kepala, disediakan juga pemeriksaan kesehatan untuk lansia ataupun dewasa yaitu pengukuran tekanan darah. Saya dan teman saya diberi kesempatan untuk melakukan pengukuran tekanan darah tersebut.

Dari beberapa orang yang saya periksa, di antaranya adalah beberapa lansia dan memiliki penyakit hipertensi. Tetapi, pada pemeriksaan yang dilakukan, hasil tekanan darahnya masih dalam batas wajar. Kami menanyakan beberapa hal mengenai hipertensi yang dialami terutama konsumsi obat yang harus rutin. Hasil yang kami dapatkan dari lansia yang mengalami hipertensi, beliau mengonsumsi rutin obat hipertensi yang diberikan sehingga hasil tekanan darah saat kami periksa cukup baik. Ada lansia lainnya yang mengatakan kalau sempat berhenti selaam seminggu terakhir oleh karena itu meskipun masih dalam batas normal, tekanan darahnya masih di atas rata-rata tekanan darah orang normal (120/80). Petugas dari puskesmas pun memberikan penyuluhan mengenai konsumsi obat yang harus terus-menerus dan rutin serta teratur untuk lebih mengoptimalkan keadaan mereka dan menjaga agar tekanan darahnya tidak meningkat lebih tinggi lagi. Selain lansia, ibu-ibu PKK pun ada yang mau diperiksa tekanan darahnya. Saya dan teman saya bergantian untuk melakukan pengukuran tekanan darah tersebut. Dari pemeriksaan yang dilakukan, semua ibu-ibu PKK di sana memiliki tekanan darah yang normal.

Kami selesai melakukan pemeriksaan pukul 11.00. Sebelum pulang, kami tidak lupa untuk berpamitan dnegan ibu-ibu PKK di sana dan berterima kasih telah mengizinkan kami untuk melakukan pemeriksaan di posyandu mereka. Saya sangat senang dengan pengalaman ini dan saya merasa harus lebih belajar lagi mengenai pengukuran tekanan darah terutama untuk pasien hipertensi.