Categories
EHASP

Refleksi Tujuan dan Luaran Belajar

Seperti yang sudah saya sampaikan pada tulisan saya sebelumnya, topik yang saya pilih pada kegiatan elektif saya semester ini adalah “Analisis IN VITRO dan EX VIVO Sekretom Lingkungan Kecil Tumor Sel Kanker Payudara pada Sel Imun serta Pengembangan Marka Biologis dan Pengaruh Nutrisi dalam Diagnosis dan Terapi Spesifik Kanker Payudara Metastasis”. Saya mengambil topik ini karena saya sangat tertarik dengan topik kanker payudara itu sendiri.

Kanker sendiri merupakan hal yang sangat menarik dan sangat dekat dengan saya. Beberapa anggota keluarga saya memiliki riwayat kanker. Di hari saya menuliskan tulisan di blog ini, saya baru saja mendapatkan kabar bahwa salah seorang tante saya meninggal dunia, karena mengidap kanker. Sebelumnya, dua orang om saya pun meninggal karena kanker. Se-begitu jahatnya sel kanker merenggut nyawa orang-orang terdekat saya.

Hal ini tentu sangat melekat untuk saya. Keingintahuan yang besar untuk mendalaminya, serta merasa memiliki sebuah tanggung jawab untuk mewaspadai dan menjaga orang-orang terdekat saya dari kanker. Lalu pertanyaannya, mengapa kanker payudara? Sejak saya SMP, saya sudah sering mendengar dan mengikuti kampanye serta pelatihan tentang bagaimana prosedur “Sadari”. Menurut data dari Kemenkes sendiri juga, kanker payudara berada pada urutan pertama, terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Hal inilah yang mendasari saya memilih topik ini pada kegiatan elektif saya semester ini. Harapan saya dalam proses kegiatan elektif ini, saya berharap saya dapat mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru terkait kanker payudara ini. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa ilmu selalu berkembang, saya berharap juga mendapatkan banyak informasi dan wawasan terbaru terkait dengan perkembangan dari preventif, diagnosis, hingga penelitian terkait dengan sel kanker payudara ini. Saya juga berharap dengan pengetahuan yang saya punya nantinya, saya dapat menyalurkan dan memanfaatkannya untuk membantu serta melindungi orang-orang disekitar saya, atau bahkan masyarakat luas.