First Meet Group

Pada hari Selasa, 2 Agustus 2022 pihak prodi mengumumkan nama-nama mahasiswa yang tergabung dalam satu kelompok wahana. Pada waktu itu saya bergegas membukanya dan saya tergabung dalam kelompok wahana elektif tw2201a sesuai dengan perkiraan saya sebelumnya, yang beberapa hari lalu mengisi formulir online untuk menentukan kelas. Dalam kelas elektif tersebut, saya tergabung bersama dengan 12 orang lain yang berasal dari tahun akademik 2020/2021 dan 2021/2022.

Banyak individu yang saya temui dengan berbagai latar budaya dan kota tempat asal yang berbeda-beda tergabung dalam kelas elektif yang sama. Dari 12 orang, hanya tersisa 8 orang dalam satu kelompok. Kedelapan orang tersebut yang berasal dari tingkat diatas saya ada teh Zahra, Kang Rio, teh NJ, teh Mara, dan teh Geu, sedangkan yang seangkatan dengan saya ada Kemal dan Fatiya atau biasa kami memanggil Pet. Setelah itu, kami berinisiatif membuat grup Line agar dapat saling berkoordinasi dalam kegiatan elektif. Di samping itu, kami juga menghubungi bu Nayla Majeda Alfarafisa sebagai dosen pembimbing kami. Setelah menghubungi beliau, kami juga membentuk grup di Whatsapp untuk menentukan jadwal pertemuan pertama yang berlangsung secara online.

Pada hari Kamis, 3 Agustus 2022 pukulĀ  19.00 WIB dilaksanakanlah pertemuan pertama dengan teman-teman satu wahana elektif. Pertemuan kali ini menurut aku lebih ringan karena hanya perkenalan diri dan tahun angkatan. Pertemuan ini juga membahas hal-hal apa saja yang akan kami pelajari selama satu bulan kedepan agar kami memahami dan memiliki gambaran bagaimana elektif itu umumnya dan topik breast cancer khususnya. Menurut saya pertemuan kali ini berlangsung lancar dan hangat. Ada satu pesan khusus yang diselipkan oleh bu Nayla kepada kami bahwa “jika kalian tidak begitu tahu mengenai suatu hal atau belum paham mengenai apapun yang berkaitan dengan wahana elektif ini, don’t hesitate untuk menanyakan kepada saya dan bilang bahwa kalian belum terlalu tahu. Saya lebih senang hal demikian daripada mengaku paham tetapi kalian belum paham”. Saya sangat menyukai pembawaan bu Nayla dalam mengajar dan menjelaskan suatu hal kepada kami. Santai, friendly, dan sangat membantu saya memahami lebih dalam mengenai breast cancer. Pertemuan pertama hari itu pun selesai.

Keesokan harinya pada hari Kamis, 4 Agustus 2022 bu Nayla menginformasikan linimasa atau jadwal kami dalam elektif ini selama satu bulan kedepan. Ada beberapa wahana yang harus kami kunjungi dan sifatnya luring atau dilaksanakan secara tatap muka. Kami akan bersama-sama berinteraksi dalam suatu wahana “From Bench to Bedside Community” sembari melakukan empathizing pada ekosistem. Kami akan menyelami subtansi sistem kehidupan organ payudara dan mengusulkan gagasan inovatif dalam menyelesaikan masalah kanker payudara secara kolaboratif.

Wahana elektif breast cancer tw2201a akan bertempat di beberapa lokasi:

  1. Kampus FK Unpad di Jatinangor
  2. Laboratorium Biomedik Lanjut di Rumah Sakit Pendidikan Unpad (Gedung Pamitran), Lantai 3, Jalan Eyckman No. 38 Bandung
  3. Divisi Bedah Onkologi, Rumah Sakit Hasan Sadikin, Jalan Pasteur No. 38 Bandung
  4. SMA Al-Jawami Bandung
  5. Fakultas Farmasi Unpad Jatinangor
  6. Klinin Santi, Lantai 3, Jalan Merdeka No,44 Bandung

Dalam pesan tersebut dicantumkan bahwa anggota mahasiswa yang masih berada di kota asal atau berada di luar Bandung-Jatinangor disarankan segera kembali ke Bandung-Jatinangor karena banyak sekali wahana elektif selama sebulan kedepan. Saya pun bergegas memberi tahu orang tua karena saya masih berada di kampung halaman.

Sekian yang dapat saya ceritakan di blog ini. Terima kasih^^

This entry was posted in Greetings. Bookmark the permalink.