Pada hari Jumat, 12 Agustus 2022, kami menonton sidang milik Ibu Delima Istio Prawiradhani Putri yang merupakan seorang mahasiswi program studi S2 Epidemiologi. Tesis beliau berjudul Analisis Spasio-Temporal Kasus COVID-19 dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya di Jawa Barat Tahun 2020-2021.
Pada presentasi hari ini dijelaskan latar belakang permasalahan dari tesis tersebut adalah bahwa terdapat faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan kasus COVID-19 di bagian daerah tertentu. Adapun permasalahan dari tesis ini adalah belum diketahuinya distribusi kasus COVID-19 di Jawa Barat secara spasio-temporal dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Desain penelitian pada tesis tersebut adalah observasional-studi ekologi dengan menggunakan data sekunder dari PIKOBAR dan data kependudukan dalam rentang waktu Februari-Juli 2022.
Dari presentasi tesis tersebut saya dapat mengetahui berbagai hal yang berguna, seperti bentuk presentasi tesis secara keseluruhan hingga analisis faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan jumlah kasus COVID di Jawa Barat. Hal yang paling menarik yang saya ambil dari presentasi tersebut adalah mengenai Peta Local Indicatorss of Spatial Association, di mana dari grafik peta tersebut dapat diketahui daerah mana yang memiliki transmisi tinggi dengan cara membandingkannya dengan daerah-daerah di sekitarnya.

Berikut ini adalah dokumentasi dari presentasi yang dipaparkan pada hari ini.