Seperti yang dijanjikan pada pertemuan kedua kami, pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 kami melaksanakan general discussion (pleno) pertama kami. Pada pertemuan kali ini kami mendengarkan dan memerhatikan presentasi dari kelompok pertama mengenai SARS-COV 2. Kelompok ini menjelaskan beberapa hal terkait virus ini, mulai dari karakteristik dan morfologinya, virulensi dan patogenesis, serta evolusi/ mutasi dari virus tersebut.
Pada materi karakteristik, mereka menjelaskan karakteristik dari masing-masing varian virus SARS-COV 2 mulai dari alpha, beta, gamma, delta, omicron, lambda, dan mu. Pada materi morfologi dijelaskan diantaranya bahwa virus SARS-COV2 merupakan virus RNA, memiliki genom terbesar di antara semua keluarga virus RNA, serta dijelaskan juga mengenai genome pada virus tersebut. Pada materi virulensi dijelaskan faktor-faktor virus SARS-COV2 dapat dengan mudahnya menginfeksi.Pada materi patogenesis dijelaskan proses yang terjadi pada saat transmisi virus hingga menuju tahap-tahap selanjutnya. Terakhir, pada materi mutasi dijelaskan mengenai pengertian mutasi, mutasi pada protein Spike (S), dan beberapa mutasi SARS-COV2 yang ditemukan pada berbagai negara.
Pada akhir pertemuan kami, kami ditunjukkan cara membuka dan mengisi logbook pada REDCap yang nantinya logbook tersebut akan digunakan sebagai bahan penilaian kami pada program elektif ini.