Cardiometabolic (6th BIBMC 2022)

Pada acara BIBMC 2022 ini, saya mengikuti acara yang bertema cardiometabolic. Pada sesi pertama, dr. Nanny Natalia Mulyani Soetedjo, Sp.PD-KEMD, FINASIM, DCN memaparkan mengenai Community Situation and Updates, terutama mengenai diabetes. Banyak hal yang disampaikan mengenai diabetes di Indonesia, mulai dari prevalensi penderita diabetes, algoritma pemberian obat diabetes di Indonesia maupun di luar negeri, sampai tantangan apa yang harus dihadapi di Indonesia untuk melawan diabetes ini. Beberapa kesimpulan yang dapat saya ambil dari presentasi yang disampaikan adalah :

  1. Jumlah absolut pasien dengan prediabetes dan diabetes tinggi
  2. Prevalensi pasien dengan diabetes tidak terdiagnosis tinggi
  3. Disfungsi sel beta yang lebih dini
  4. Banyak pasien dengan diabetes belum cukup mencapai target kadar glukosa
  5. Kebanyakan pasien dengan diabetes belum cukup agresif dalam mengendalikan faktor resiko
  6. Banyak pasien dengan diabetes belum cukup taat untuk menjalani terapi atau pengobatan
  7. Komplikasi yang berkaitan dengan diabetes jumlahnya tinggi
  8. Budget atau dana yang dimiliki penderita umumnya rendah, dan kebanyakan dana besar keluar untuk menangani masalah komplikasi.

Selanjutnya, presentasi dilanjutkan oleh Dr. dr. Mohammad Iqbal, Sp.JP(K), M.Kes, AIFO, FIHA mengenai biomedical science innovation. Berhubungan dengan presentasi sebelumnya, diabetes juga bisa menyebabkan beberapa penyakit jantung yang dapat membahayakan penderitanya. Untuk itu, diperlukan terapi yang dapat membantu meringankan kedua penyakit tersebut. Beliau membahas mengenai terapi yang digunakan dalam terapi penyakit jantung yang ternyata dalam beberapa studi dikatakan dapat mengubah gen yang dapat memengaruhi sistem metabolisme manusia, terutama yang berhubungan dengan jantung.

Sesi selanjutnya, pemberian materi diberikan oleh Professor Tham Kwang Wei, yang berasal dari Singapura. Beliau menyampaikan mengenai obesitas dan upaya-upaya yang ada untuk mencegah terjadinya obesitas. Hal ini penting untuk dibahas karena obesitas sangat berkaitan dengan permasalahan pada sistem metabolisme dan dari beberapa data dapat dilihat bahwa selama pandemi penderita obesitas mengalami kenaikan jumlah yang cukup tinggi.

 

Sebagai penutup, pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Prof. Leonard Kyoung Kon Kim mengenai clinical updates. Beliau membahas mengenai pengobatan-pengobatan yang bisa digunakan dalam permasalahan metabolik, misalnya diabetes dan obesitas.