Pertemuan Daring 8 Agustus 2022

Pada pertemuan elektif yang dilaksanakan secara daring tanggal 8 Agustus 2022, bu Nayla menyampaikan beberapa informasi tambahan kepada kami berkenaan dengan salah satu program elektif. Tidak hanya itu saja, kami juga diperbolehkan untuk bertanya hal-hal yang belum kami ketahui seputar kegiatan luring kedepannya. Pertemuan dilaksanakan pukul 18.30 WIB dan dibuka dengan doa bersama. Setelah itu, bu Nayla memberi saran kepada kami agar segera membuat blog yang berisi selamat datang, refleksi tujuan dan luaran belajar, kumpulan materi belajar, refleksi materi pembelajaran, pembelajaran di luar kelas, dan gagasan ide inovatif. Untuk poin 1 sampai 5, setiap individu dalam kelompok diwajibkan untuk membuat portofolio tersebut guna memenuhi tugas dalam EHASP breast cancer, sedangkan poin 6 sendiri dilakukan secara berkelompok yang mana dalam pelaksanaan tugasnya dibagi secara rata pada 8 anggota kelompok

Bu Nayla menjelaskan portfolio yang dimaksud adalah kumpulan rekaman aktivitas dan prestasi mahasiswa selama melakukan proses belajar yang disertai dengan refleksi bagaimana kami mencapai kompetensi yang dikehendaki. Lewat hal inilah progres evaluasi mahasiswa dilakukan.

Pada pertemuan luring hari itu juga, bu Nayla memberi sebuah power point yang berisi apa saja yang harus dipelajari dalam Dietary Recall. Pada tulisan blog sebelumnya, saya menceritakan bahwa salah satu wahana elektif yang dilaksanakan secara luring adalah wahana klinik gizi yang bertempat di Klinik Santi, Lantai 3, Jalan Merdeka No. 44 Bandung. Kami diberi tugas untuk melakukan 24 Hours Dietary Recall, Dietary Analysis, Antropometri-Dimensi, Antropometri-Komposisi Tubuh, Analisis Antropometri, dan Komunikasi terhadap Pasien. Kami melakukan semua tugas itu dengan cara mencatat, mengumpulkan semua data dan bukti kunjungan, mempelajari paparan yang di dapat, dan menyusun bahan presentasi yang akan dipaparkan saat diskusi kelompok pada jadwal yang telah ditentukan.

Bu Nayla menjelaskan persiapan yang harus kami lakukan sehari sebelum mengunjungi Klinik Santi adalah memakai pakaian yang bersih dan rapi, membawa jas laboratorium, masker medis, hand sanitizer, peralatan tulis seperti pulpen dan kertas kosong, dan formulir 24 hours recall bagi yang akan melakukan dietary recall. Dalam kunjungan nantinya, kami berdelapan orang akan dibagi ke dalam 2 kelompok, masing-masing 4 orang dalam kelompok untuk melakukan suatu tugas entah itu berkomunikasi dengan pasien untuk melakukan dietary recall atau melakukan antropometri secara langsung dengan memperhatikan persyaratan yang ada.

Setelahnya, kami mempresentasikan beberapa prinsip kerja dari alat-alat dalam laboratorium biomedik  yang telah disampaikan pada pertemuan luring pertama di Rumah Sakit Pendidikan Unpad yang man telah saya ceritakan pada blog sebelumnya. Pada presentasi kali itu, dibuka oleh bu Nayla yang menunjuk satu per satu dari kami. Dikarenakan kami telah membuat dan mencari prinsip-prinsip kerja dari alat yang telah dibagikan kepada masing-masing dari kami, banyaknya materi bacaan yang ada, dan waktu yang cukup mepet untuk dapat mempelajari semua, dimulai dari tanggal 5 Agustus hingga 8 Agustus, diputuskan untuk melakukan presentasi ulang yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022. Bu Nayla juga berpesan untuk mempelajari semua materi yang ada utamanya FACS (karena berkaitan dengan deteksi kanker) dan mendalami prinsip kerja dari alat yang telah dibagikan kepada kami masing-masing. Setelah menyampaikan sejumlah informasi yang ada, pertemuan kali itu ditutup dengan dokumentasi kegiatan daring.

Menurut saya pertemuan luring ini berlangsung dengan hangat. Teman-teman dalam satu kelompok juga terlihat sangat antusias dan menyimak sampai akhir apa saja yang disampaikan oleh bu Nayla. Saya sangat senang dapat bergabung dalam kelompok elektif ini karena banyak sekali hal ataupun informasi yang saya dapat. Mempelajari hal baru sangat menarik perhatian saya, karena bagi saya setiap orang dari yang muda sampai tua harus menerapkan never-ending learning. Mengikuti elektif juga menambah perspektif pengetahuan mengenai kanker payudara. Hal ini membuat saya keluar dari zona nyaman untuk menemuka zona nyaman yang lebih baik lagi. Saya juga sangat bersyukur dipertemukan dengan teman-teman suportif dalam kelompok elektif.

Terima kasih bagi yang telah menyimak hingga tuntas, Sekian yang bisa saya bagikan kepada teman-teman sekalian. See you on my another post^^

This entry was posted in Greetings. Bookmark the permalink.