Visit Puskemas Week 1!

Pada hari Senin, tanggal 20 September 2022, saya dan teman-teman mengunjungi UPT Arcamanik untuk menjalankan program visit puskesmas yang disediakan oleh FK Unpad. yDi sana, kami disambut oleh Pak Ahmad dan Bu Ima. Pertama, kami diberikan pengarahan mengenai puskesmas dan sistem yang dijalankan di sana. Setelahnya, kami diajak berkeliling oleh Bu Ima sebagai pembimbing kami untuk melihat-lihat ruangan yang ada di puskesmas tersebut.

Di depan puskesmas, ada meja screening yang disediakan untuk memeriksa apakah pasien-pasien puskesmas memiliki gejala COVID-19. Selanjutnya, kami diajak ke dalam dan ruangan pertama yang kami lihat adalah ruangan poli umum yang tersambung dengan ruang tindakan gawat darurat. Kemudian, kami diajak untuk mengunjungi ruangan lainnya seperti ruangan pemeriksaan gigi, ruangan kesehatan lingkungan, daerah untuk pemeriksaan ibu dan anak, laboratorium, ruangan pemeriksaan untuk penyakit infeksi, dan lainnya.

Kemudian, kami dipecah menjadi empat kelompok untuk melakukan observasi dan mengenali puskemas tersebut lebih dalam. Saya dan dua teman saya yang lainnya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi poli umum untuk melihat seperti apa cara kerja poli umum di puskesmas Arcamanik. Di sana, kami mendapatkan kesempatan untuk melihat pemeriksaan yang dilakukan dokter, cara berbicara dokter kepada pasien, serta apa saja permasalahan-permasalahan kesehatan yang dialami oleh pasien puskesmas ini. Kami juga diperbolehkan untuk melihat medical record atau rekam medis pasien di poli umum tersebut.

Setelah melakukan observasi, kami berdiskusi bersama tentang apa saja yang kami dapatkan bersama dengan yang lainnya yang mendapatkan bagian mengunjungi poli lainnya. Kemudian, setelah semuanya selesai, tidak lupa kami berfoto dengan staf puskesmas sebelum kami pamit untuk pulang.

Pengalaman ini sangat menyenangkan karena saya dapat melihat langsung operasional puskesmas dalam kesehariannya. Saya juga banyak belajar mengenai komunikasi, terutama terhadap pasien dari observasi yang saya lakukan. Terakhir, saya berharap dapat mendapatkan lebih banyak lagi ilmu baru dari kunjunga-kunjungan puskesmas yang akan datang.