Presentasi Alat-Alat Laboratorium

Kegiatan elektif dilanjutkan pada hari Senin, 8 Agustus 2022 secara daring. Kegiatan elektif yang dilakukan ini merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan sebelumnya, dimana kami membahas atau mempresentasikan mengenai alat-alat yang sudah kami ketahui dan pelajari di pertemuan sebelumnya yaitu di lab farmakokinetik, lab immunologi, lab molekuler genetic, dan lab sel kultur dan sitogentika.

Dalam mempersiapkan bahan presentasi, kami membagi tugas sehingga tugas tersebut dapat cepat terselesaikan. Selain itu, kami membuat presentasi ini di satu link sehingga teman-teman yang lain bisa saling membaca dan mempelajari alat-alat lainnya. Pada saat mempresentasikan alat-alat, kami berfokus untuk membahas mengenai nama alat, fungsi, prinsip kerja, dan cara kerja dari suatu alat tersebut. Kami membahas alat-alat tersebut berdasarkan lab yang kita kunjungi sehingga dapat memudahkan untuk mengingat dan dimengerti maksud dari alat tersebut. Pada saat proses presentasi, saya dan teman-teman juga dibimbing oleh Dokter Siska. Dokter Siska membantu saya dalam memahami alat tersebut dengan memberikan suatu trigger sehingga saya mampu untuk memahaminya lebih dalam kembali. Selain itu, kami juga melakukan diskusi selama presentasi, teman-teman yang mengetahui lebih banyak mengenai alat tersebut berbagi mengenai pengetahuannya lebih dalam mengenai alat tersebut. Hal itu tentu sangat membantu saya untuk mengetahui lebih banyak mengenai alat tersebut. Dalam proses tersebut, kelompok elektif saya melakukan break atau istirahat selama 10 menit untuk melangsungkan shalat dzuhur terlebih dahulu. Setelah itu, saya dan teman-teman melanjutkan proses presentasi dan diskusi hingga pukul 12.30 WIB.

Setelah proses presentasi dan diskusi selesai, Dokter Siska memberikan penjelasan mengenai jadwal kegiatan elektif yang akan dilaksanakan pada minggu ini dan minggu berikutnya. Pada minggu ini, kami tersisa dua pertemuan yaitu pertemuan secara luring di lab pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 dan pertemuan secara daring yaitu kegiatan seminar pakar imunologi pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022. Setelah membahas jadwal elektif, Dokter Siska juga memberikan penjelasan mengenai tugas assessment yang akan dilakukan oleh masing-masing mahasiswa, baik secara individu maupun perkelompok. Tugas yang diberikan secara individu adalah untuk membuat web blog yang berfungsi sebagai e-portofolio masing-masing mahasiswa yang berisikan mengenai tujuan belajar, kumpulan materi belajar, refleksi diri, refleksi materi pembelajaran, dan ide gagasan inovatif. Kemudian, untuk tugas yang diberikan untuk kelompok adalah dengan melakukan kegiatan pengabdian secara online yaitu dengan mengembangkan salah satu Instagram yang sudah ada yaitu @pinkribbonunpad. Pada pengabdian ini, nantinya kami akan membuat suatu konten dengan topik yang sudah dipilih, konten ini akan berupa postingan dalam feeds, reels, dan story. Topik yang kami pilih tentunya harus berhubungan dengan tema kegiatan elektif kami yaitu breast cancer. Dan terakhir yaitu pembuatan proposal ide gagasan inovatif. Setelah pemaparan jadwal dan tugas, kegiatan elektif pun berakhir pada pukul 13.00 WIB.