SEKAR II : “Urgensi Nutrisi pada Kanker Payudara”

Pada hari Senin, 22 Agustus 2022, kelompok elektif  Breast Cancer kami melaksanakan kembali seminar pakar dengan topik mengenai “Urgensi Nutrisi pada Kanker payudara” yang dibawakan oleh dr. Siska Wiramihardja Sp.Gk. Seminar pakar kali ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting. Hal pertama yang dijelaskan adalah mengenai prevalensi kanker payudara di Indonesia. Dan dikatakan bahawa prevalensinya cukup tinggi di Indonesia yaitu mencapai 65.858 insiden. Selain itu, dokter Siska juga memberikan penjelasan mengenai natural history kanker payudara.

Seminar pakar ini juga memberikan pengetahuan baru atau insight baru bahwa adanya korelasi antara obesitas dengan kanker payudara. Dikatakan bahwa jika insulin naik maka GF akan naik yang akhirnya sel bisa berkembang menjadi lebih baik. Lemak memiliki fungsi sebagai bantalan dari organ-organ dalam kita. Selain itu, lemak juga berfungsi untuk menyimpan energi di jaringan adiposa. Ketika kita tidak bisa menjaga makanan, maka lemak ini akan semakin banyak yang akhirnya akan hipertrofi. Nah, ketika sudah hipertrofi maka jaringan akan mati atau nekrosis. Setelah nekrosis, nantinya akan merangsang sitokin-sitokin atau respon imun yang berlebihan yang akhirnya membuat sel kanker semakin banyak, salah satunya adalah breast cancer.

Selain itu, Dokter Siska juga menjelaskan mengenai obesitas dan metabolisme energi. Untuk mengetahui itu, kami harus mengetahui mengenai konsep calories in dan out yang akhirnya akan bersinergi dengan energy balance. Obesitas sendiri merupakan akibat dari chronic positive energy balance sehingga bisa ditandai dengan adanya peningkatan simpanan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga makanan dan nutrisi yang akan kita konsumsi ke dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko terkenanya kanker payurdara.

Seminar pakar yang dibawakan oleh dokter Siska ini banyak memberikan pengetahuan baru sehingga dapat menemukan inovasi-inovasi untuk mengurangi adanya kanker payudara. Salah satunya adalah dengan pemilihan makanan yang tepat, jumlah asupan setiap harinya, dan lainnya.