PKM : SMA Al-Jawami

Salah satu tugas akhir dalam kegiatan elektif Breast Cancer ini adalah dengan mengadakan Program Kreativitas Mahasiswa. PKM yang akan dilaksanakan ini merupakan gabungan dari kelompok dokter Siska dan Bu Nayla. PKM ini dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 di SMA Al Jawami, Cileunyi, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan offline terakhir yang ada di kegiatan elektif ini.

Sebelum sampai kepada hari-H PKM, kami telah berdiskusi dan merancang untuk kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal pertama yang kami lakukan adalah dengan membuat grup yang terdiri atas gabungan 2 kelompok elektif. Koordinator PKM kami yaitu ada Emirdha dan Amara membantu mengarahkan kami ketika berdsikusi dan dalam melakukan pembagian tugas.Pembagian tugas yang telah disepakati adalah ada yang menjadi MC, Pembicara/Pemateri, operator, membuat rundown dan ROP. Pada kesempatan kali ini, saya mendapatkan tugas untuk menjadi MC bersama dengan Amara. Kemudian, setelah membagi tugas, para koordinator kelompok kami melaporkan progress kepada Dokter Siska. Kemudian, Dokter Siska memberikan feedback dan diberikan kepada para koordinator. Kemudian, Dokter Siska dan Bu Nayla mengarahkan kami untuk membuat Term Of Reference (TOR) PKM secara lengkap yang dimulai dari tujuan kegiatan, metode kegiatan, indicator keberhasilan, sasaran, rundown, RAB, dan lain-lain.

Kemudian, sehari sebelum PKM kami mengadakan meet bersama dengan Dokter Siska dan Bu Nayla dan teman-teman kelompok elektif lainnya untuk melakukan briefing singkat untuk acara PKM esok hari. Namun, ternyata masih ada beberapa kekurangan sehingga kami segera melakukan diskusi dan merevisi beberapa yang masih ada kekurangan. Kekurangannya yaitu kami tidak membagi per divisi seperti acara, humas, logistic, dan lainnya. Akhirnya kami menambahkan beberapa jobdesc yang memang sempat terlewat, yaitu timekeeper, membuat games, dan juga terakhir adalah merevisi rundown yang sudah ada. Lalu kami juga menambahkan satu divisi lagi yaitu divisi konsumsi, dimana divisi membeli dan menyiapkan konsumsi untuk adik-adik SMA Al Jawami. Dan terakhir, kami juga mendapatkan masukkan untuk mengadakan fasil time dimana nantinya kakak fasil akan memandu kegiatan diskusi kelompok.

Kemudian, hari Selasa pun tiba. Sesuai dengan rundown maka kami harus berada di SMA AL Jawami pada pukul 06.00-06.30 WIB. Pada pukul 06.30 WIB panitia berkumpul untuk melakukan briefing dan menyiapkan persiapan yang perlu disiapkan seperti memasang proyektor, memindahkan kursi dan meja, dan menyiapkan sound system. Kami dipersilahkan untuk menyiapkan persiapan ini seiring dengan siswa-siswi di SMA Al-Jawami shalat dhuha. Setelah semua siap, maka teman-teman kelompok elektif dibantu dengan guru yang ada di SMA Al-Jawami membantu untuk mengumpulkan para siswi dan mempersilahkan masuk untuk memasuki kelas. Sebelum para siswi duduk kebangku yang telah disediakan, mereka diwajibkan untuk mengisi daftar hadir dan mengambil konsumsi yang telah disiapkan oleh para panitia.

Setelah semua siswi duduk dan mengisi daftar hadir, acara pun akhirnya dibuka oleh MC yaitu saya sendiri dan Amara. Setelah dibuka, tidak lupa untuk berdoa dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh ibu Kepala Sekolah SMA AL-Jawami, sambutan pembimbing elektif yang diwakilkan oleh Ibu Nayla, dan terakhir yaitu sambutan dari PO PKM yaitu oleh Emirdha. Setelah pemberian sambutan, kami langsung masuk ke dalam inti acara yaitu pemberian materi mengenai kanker payudara. Namun, sebelum itu kita melakukan pre-test terlebih dahulu untuk meninjau pengetahuan para siswi sebelum pemberian materi. Para pemateri sangat baik dalam menyampaikan materinya dan dari penyampaian materi tersebut terlihat banyak para siswi yang tertarik. Setelah penyampaian materi selesai, kami mengadakan sesi ice breaking yaitu dengan mengadakan sesi games yang dibuat oleh Geubrina dan Olive. Pada saat sesi games, peserta sangat antusias dalam menjawab pertanyaan, hal ini juga dipicu karena pemenang games akan mendapatkan hadiah.

Setelah sesi games selesai, dilanjutkan dengan sesi fasil yang dipandu oleh masing-masing kakak fasil. Fasil ini dibagi menjadi 8 kelompok fasil untuk berdiskusi atau bererita mengenai penyakit kanker payudara. Sesi fasil ini diberikan waktu selama 20 menit. Setelah sesi fasil, para peserta mengerjakan kembali post-test yang telah disiapkan agar bisa menjadi salah satu indicator keberhasilan dalam penyampaian materi yang telah diberikan. Kemudian, kegiatan PKM ini diakhiri dengan penutupan oleh MC dan dokumentasi bersama. Setelah selesai berdokumentasi, teman-teman kelompok elektif sama bersama dengan beberapa siswi membantu untuk membereskan kelas yang menjadi tempat PKM berlangsung dan setelah itu kami berpamitan untuk pulang. Setelah pulang, saya dan teman-teman memutuskan untuk makan bersama di warung SS. Setelah makan kami berpisah untuk pulang ke rumah masing-masing.

Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan offline dan kegiatan elektif terakhir di kelompok elektif Breast Cancer. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena saya dapat berbagi ilmu yang bermanfaat kepada para siswi SMA Al-Jawami. Semoga dengan kegiatan PKM ini dapat bermanfaat untuk semua orang yang terlibat didalamnya, panitia maupun peserta.

Dokumentasi kegiatan :