SEKAR I : “Elective Health Alliancess Science Program (EHASP)”

Dalam rangkaian kegiatan elektif Breast Cancer terdapat seminar pakar yang dilakukan tiap akhir minggunya. Seminar pakar yang pertama dilakukan adalah pada hari Sabtu, 13 Agutus 2022 yang diadakan secara hybrid yaitu offline dan online. Kegiatan hybrid ini tidak hanya dengan mendapatkan pengetahuan dari seminar pakar, namun juga terdapat rangkaian lainnya yang ada. Rangkaian kegiatan yang dilakukan ini terdiri dari kegiatan olahraga yang dilaksanakan pada pukul 06.30-08.00 WIB dan dilanjutkan dengan kegiatan seminar pakal pada pukul 08.00-09.30 WIB. Untuk pelaksanaan offlinenya dilakukan di FK Unpad Jatinangor, Gedung C1.

Pada kesempatan kali ini, saya berhalangan hadir untuk offline sehingga saya hadir dalam seminar pakar sebagai partisipan online bersama dengan teman-teman yang lain yang berhalangan hadir pada saat itu. Kegiatan seminar pakar ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan dinarasumberkan oleh Dr. Mohammad Ghozali, dr., MSc. Beliau menjelaskan lebih banyak dan detil mengenai file yang sebelumnya pernah dikirimkan pada saat pertemuan pertama dengan Dokter Siska yaitu mengenai “ Elective Health Alliancess Science Program (EHASP) : Analisis IN VITRO dan EX VIVO Sekretom Lingkungn Kecil Tumor Sel Kanker Payudara pada Sel Imun serta Pengembangan Marka Biologis dan Pengaruh Nutrisi dalam Diagnosis dan Terapi Spesifik Kanker Payudara Metastasis”.

Selain itu, dokter Ghozali juga menjelaskan mengenai prevalensi kanker payudara baik di dunia maupun Indonesia, Breast Cancer Diagnotic Approach, Challenges in breast cancer, dan perjalanan penyakit kanker. Kemudian, dokter Ghozali juga menjelaskan mengenai kegiatan EHASP yang saat ini sedang berjalan, yaitu seperti tujuannya dan learning outcome yang diharapkan dapat tercapai.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan waktu yang cukup. Namun, menurut saya terdapat kendala yang terjadi yaitu terkait dengan sound yang didapatkan dari peserta online. Hal ini dikarenakan suara pembicara dan teman-teman yang hadir secara offline tidak dapat terdengar baik atau jelas dari Zoom Meeting. Namun, secara keseluruhan rangkaian kegiatan yang dilakukan sudah sangat baik dan juga inovatif.