27 Agustus 2022

Sunday, September 4, 2022

Presentasi Daring 27 Agustus 2022

Kegiatan elektif hari ini berupa presentasi secara daring terkait materi breast cancer yang sudah ditugaskan kepada kami pada tanggal 20 Agustus 2022 lalu. Materi yang kami bawakan hari ini dan urutannya presentasinya ialah sebagai berikut:

  1. Hallmarks of cancer =  teh Zahra dan teh Enje
  2. Biology of breast cancer = Kemal dan Olivia
  3. Breast cancer therapy = teh Mara dan teh Geu
  4. Breast cancer detection = kang Rio dan Fatiya

Link presentasi: https://bit.ly/PresentasiBreasCancer

Presentasi dimulai sekitar pukul 7 malam, bu Nayla mengawali pertemuan dengan berdoa bersama dan menanyakan kabar kami semuanya. Setelah itu tanpa berlama lama lagi kami pun memulai presentasi pada hari ini dengan topik pertama yaitu Hallmarks of cancer yang akan dipresentasikan oleh teh Zahra dan teh Enje. Akan tetapi, pada hari ini teh Zahra berhalangan hadir sehingga yang presentasi hanya teh Enje.

Topik pertama membahas ciri-ciri perkembangan kanker payudara pada fase awal hingga fase metastasis serta elemen yang dapat mendukung perkembangan kanker tersebut seperti kelainan genetika dan interaksi antar sel tumor dan sel sehat yang terinflammasi.

Dari gambar diatas ciri-ciri kanker (hallmarks) ada 8 yaitu:

  1. Sustaining proliferative signaling
  2. Deregulatin cellular energetics
  3. Resisting cell death
  4. Inducing angiogenesis
  5. Avoiding immune destruction
  6. Evading growth suppressors
  7. Enabling replicative immortality
  8. Activating invasion and metastasis

Sementara itu, ada 2 faktor pendukung dari perkembangan kanker (enabling factors):

  1. Genomic instability
  2. Tumor-promoting inflammation

Ketika presentasi berjalan bu Nayla sempat bertanya mengapa faktor karsinogenik seperti pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat tidak menjadi enabling factors. Dari beberapa pendapat dan jawaban yang saya dapatkan, hal ini dikarenakan karsinogenik merupakan faktor eksternal pendukung yang dapat dicegah dan di hentikan. Sementara enabling factors adalah faktor pendukung dari internal yang mungkin seseorang bahkan tidak menyadari atau merasakan bahwa dirinya memiliki faktor-faktor tersebut. Presentasi topik pertama tidak selesai seluruhnya karena sebagian belum di presentasikan oleh teh Zahra yang belum bisa hadir pada malam ini.

Setelah presentasi dari teh Enje, kami melanjutkan ke topik selanjutnya yaitu Biology of breast cancer yang akan dipresentasikan oleh saya dan Oliv. Presentasi dimulai dari Oliv terlebih dahulu yang akan menjelaskan Anatomy of the breast dan Normal breast vs Cancer breast.

Dari yang sudah dipaparkan, saya mendapatkan pengetahuan baru bahwa ternyata bentuk payudara pada wanita berbeda-beda dan tidak selalu 1 bentuk dan ukuran. Perbedaan bentuk dan ukuran tersebut tidak selalu menjadi takaran bahwa payudara terkena kanker. Akan tetapi memang semata-mata variasi bentuk yang dapat terjadi karena genetika seseorang sejak lahir. Sementara yang membedakan payudara wanita dan pria ialah tidak adanya kelenjar dan saluran air susu pada payudara pria. Bu Nayla bertanya apakah pria punya kemungkinan terkena kanker payudara walaupun tidak mempunyai kelenjar dan saluran air susu yang merupakan tempat seringnya terjadi perkembangan kanker pada payudara. Saya memberikan pendapat bahwa pria juga memiliki resiko terkena kanker payudara akan tetapi memang tidak dari kelenjar dan saluran air susu perkembangannya. Itulah mengapa kasusnya sangat langka.

Setelah itu, tibalah saatnya saya untuk presentasi. Saya membawakan Types of breast cancer, Breast cancer pathophysiology dan Breast cancer staging.

Presentasi saya awali dengan klasifikasi tipe kanker payudara yaitu, Ducts and lobular carcinoma dan Other types. Dari dua klasifikasi itu, bu Nayla sempat kebingungan karena ada satu klasifikasi yang belum ada yaitu Hormone types. Dikarenakan waktu sudah larut malam dan pertemuan sudah berlangsung cukup lama serta teman sekelompok sudah mulai tidak fokus. Presentasi saya di selesaikan di tengah dan akan dilanjutkan besok pukul 8 pagi. Bu nayla juga menugaskan saya untuk melengkapi presentasi kami dengan tambahan klasifikasi Hormone types. Sebelum menutup presentasi, bu Nayla mengucapkan terima kasih pada kami semua yang sudah ikut berpendapat dan semangat untuk presentasi esok hari.

End.