30 Agustus 2022

Thursday, September 8, 2022

PKM MA Swasta Al-Jawami.

Link ROP PKM: https://bit.ly/ROPPKMALJAWAMI

Laporan PKM: https://bit.ly/LaporanAkhirPKMTW2201A

Kegiatan PKM hari ini diawali dengan saya dan teman sekelompok yang berangkat ke MA Swasta Al-Jawami. Sesampainya disana saya dan teman-teman langsung melakukan briefing dan persiapan untuk melakukan penyuluhan. Kegiatan di awali dengan teh Emirdha membacakan ROP acara hari ini. Setelah pembacaan ROP, saya dan beberapa teman langsung berjalan ke kelas tempat kami akan menjalankan penyuluhan. Beberapa dari teman sekelompok kami tetap menunggu di lapangan utama MA Swasta Al-Jawami.

Sebenarnya kelas-kelas di MA sedang kosong karena sedang dilaksanakan sholat dhuha bersama yang dilanjutkan dengan tausiah singkat serta penyambutan kepada kami dari pihak FK Unpad. Seluruh peserta kami merupakan perempuan karena target dari penyuluhan kanker payudara adalah perempuan.

Saya sendiri menyiapkan meja serta mengatur proyektor agar dapat dilihat oleh seluruh peserta penyuluhan. Saya dan kang Rio menempatkan dinding pembatas pada jendela agar mengurangi pantulan cahaya sehingga gambar proyektor dapat terlihat lebih jelas.

Pengaturan meja kami atur agar tetap ada jalan namun semua peserta dapat melihat penyuluhan yang kami bawakan. Sementara di dekat pintu masuk kami tempatkan meja untuk absensi dan pemberian konsumsi bagi para peserta. Kebetulan saya dan kang Rio serta teh Enje bertugas untuk menjaga absensi dan konsumsi tersebut agar para peserta mengisi terlebih dahulu sebelum duduk dan mendapatkan konsumsi.

Setelah seluruh persiapan pada kelas selesai, seluruh sisa panitia pun memasuki ruangan bersamaan dengan para peserta. Kegiatan berjalan dengan cukup lancar, para peserta mengisi absensi dengan tertib dan mengambil bangku yang kosong untuk duduk.

Kegiatan pertama diawali dengan sapaan dari teh Mara dan teh Nisya sebagai master of ceremony (MC). Dilanjut dengan doa dan tilawah. Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan dari kepala sekolah MA Swasta Al-Jawami, bu Nayla dan teh Emirda sebagai project officer.  Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian dan pengisian pre-test oleh para peserta yang kami bagikan dalam bentuk kertas.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi penyuluhan oleh saya dan beberapa teman sekelompok.

PPT Acara:https://bit.ly/PPTAcaraPKM

Sesuai dengan pembagian presentasi saya mendapat bagian untuk menjelaskan tanda-tanda kanker payudara. Jujur saya merasa gugup karena di dalam ruangan tersebut hanya saya dan kang Rio sebagai laki-laki serta bahasan yang memang fokus pada payudara perempuan membuat saya merasa tidak percaya diri ketika presentasi di depan para peserta yang semuanya perempuan.

Selesai presentasi, saya langsung menuju ke belakang ruangan untuk mendiskusikan tentang rangkaian acara selanjutnya yaitu sesi games dan sesi fasil atau bincang santai dalam kelompok kecil untuk lebih dalam membicarakan tentang kanker payudara. Games yang dibawakan berupa games tebak-tebakan seperti permainan “tebak gambar”. Beberapa peserta sangat antusias dan kompetitif berebutan untuk menjawab. Setelah selesai sesi games, acara selanjutnya adalah sesi fasil.

Sesi fasil ini juga akan melakukan praktik sadari dan contoh praktik sadari yang ditonton bersama melalui video youtube.

Berikut pembagian sesi fasil:

  • Fasil 1 : Dilla – Ayu Amalia
  • Fasil 2 : Mara – Ayu
  • Fasil 3 : Enje – Intan
  • Fasil 4 : Hasna – Emir
  • Fasil 5 : Fay – Olive
  • Fasil 6 : Fatiya – Putri M
  • Fasil 7 : Destha – Zahra
  • Fasil 8 : Geubrina – Tami

Setelah dilakukan pembagian, kegiatan sesi fasil pun dilaksanakan dengan diskusi santai antara peserta dengan pembimbingnya masing-masing seperti yang ada diatas. Saya dan kang Rio tidak mendapat sesi fasil karena topik pembicaraan sesi fasil akan lebih baik dilakukan apabila pembimbingnya perempuan agar peserta mau lebih terbuka. Maka dari itu, saya dan kang Rio hanya menjaga kondusifitas dan barang-barang panitia. Akan tetapi, kami justru dapat sesi ngobrol santai dengan salah satu guru disana.

Beliau bertanya terkait topik kanker payudara pada kerabatnya. Cerita beliau tidak saya sampaikan disini karena saya rasa merupakan privasi dari keluarga beliau. Selain tentang masalah kanker payudara, beliau juga bertanya soal masalah pencernaan. Ngobrol santai ini berlangsung hingga sesi fasil selesai dan diakhiri dengan dokumentasi bersama beliau.

Rangkain acara selanjutnya dari PKM hari ini adalah sesi pengisian post-test yang sama seperti pada saat pre-test. Setelah selesai acara dilanjutkan dengan dokumentasi dengan seluruh peserta dan panitia di depan kelas.

Setelah sesi dokumentasi, kami melaksanakan sesi terakhir yaitu pembacaan doa. Setelah berdoa acara PKM kami hari ini pun selesai dan kami mengucapkan terima kasih dan selamat tinggal kepada para peserta dan pihak sekolah.

End.