28 Agustus 2022

Monday, September 5, 2022

Presentasi Daring 28 Agustus 2022

Link presentasi: https://bit.ly/PresentasiBreasCancer

Sesuai dengan apa yang ditugaskan oleh bu Nayla, kami melaksanakan presentasi daring pada pukul 8 pagi untuk melanjutkan presentasi kami kemarin malam. Saya juga telah menambahkan informasi terkait klasifikasi tambahan yang belum sempat di masukan ke dalam presentasi sebelumnya. Presentasi hari ini diawali dengan presentasi teh Zahra melanjutkan topik Hallmarks of breast cancer yang sebelumnya belum tuntas seluruhnya. Teh Zahra mempresentasikan terkait ciri-ciri dari kanker payudara lebih dalam lagi sementara teh Enje kemarin memfokuskan pada enabling factors. Setelah presentasi teh Zahra, presentasi dilanjutkan oleh saya yang membawakan materi tipe-tipe kanker payudara. Presentasi kali ini saya hanya melanjutkan presentasi kemarin yang sempat tidak selesai sebelumnya dengan tambahan materi yaitu klasifikasi tipe kanker payudara berdasarkan reseptor hormon pada sel kanker tersebut.

Gambar diatas merupakan materi yang saya tambahkan pada presentasi hari ini. Setelah penambahan tersebut akhirnya bu Nayla merasa lebih paham terkait klasifikasi tipe kanker payudara. Saya pun melanjutkan untuk menjelaskan patofisiologi dan staging dari kanker payudara. Ketika presentasi saya mendapat wawasan baru dari Fatiya dimana ternyata wanita yang baru punya anak diatas 30 tahun beresiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Hal itu disebabkan hormon estrogen yang seharusnya mulai menurun mulai umur 25 tahun sebaliknya justru masih stabil dan justru meningkat.

Setelah presentasi dari saya sendiri selesai maka selanjutnya dilanjutkan oleh teh Mara dan teh Geu yang akan membawakan materi Breast cancer theraphy. Dari presentasi ini saya mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru yaitu ternyata penggunaaan kemoterapi sering digunakan sebelum dilakukan operasi dengan tujuan memperkecil dan meredam pertumbuhan kanker terlebih dahulu sehingga proses pengangkatan kanker dengan operasi dapat lebih efisien dan memiliki kesempatan berhasil yang lebih tinggi. Setelah operasi, penggunaan kemoterapi dan radioterapi biasanya tetap digunakan untuk mencegah dan menghentikan sisa-sisa sel kanker yang belum terangkat agar tidak berkembang kembali di dalam tubuh. Untuk beberapa tipe kanker seperti Triple-Negative Breast Cancer (TNBC), penggunakan obat dan terapi yang memfokuskan meredam reseptor hormon pada sel kanker tidak dapat digunakan karena tipe kanker ini tidak memiliki reseptor hormon. Sehingga untuk tipe kanker ini digunakan terapi yang bernama antibody-drug conjugate (ADC).

Setelah presentasi teh Mara dan teh Geu, presentasi di akhiri oleh bu Nayla untuk hari ini. Bu Nayla berpesan agar kami mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan untuk pelaksanaan PKM ke MA Swasta Al-jawami di Jatinganor serta ucapan terima kasih sudah mengikuti kegiatan elektif sampai detik ini.

End.