Categories
Elective

Dietary Recall

Kegiatan dietary recall awalnya akan dilaksanakan secara langsung di Klinik Santi Jalan Merdeka No.44 Bandung. Sangat disayangkan kegiatan ini harus dilakukan secara online dikarenakan ada beberapa teman kelompok saya yang terkena Covid-19, tetapi tidak apa-apa karena semua ini dilakukan demi kesehatan bersama. 

Jadi kami diberikan tugas oleh dokter Siska untuk melakukan 24 hour dietary recall kepada teman atau keluarga yang ada di rumah dan akan dibahas bersama pada hari Jumat tanggal 19 Agustus 2022. Kebetulan pada tanggal 17 Agustus – 19 Agustus saya berada di Jatinangor karena ada suatu kegiatan yang dilaksanakan di Jatinangor, sehingga saya melakukan wawancara dietary recall kepada teman saya pada Kamis malam. Sebelum melakukan wawancara saya menyiapkan form 24 hour dietary recall, tabel kalori, dan aplikasi fatsecret. Dalam wawancara pertama-tama saya mencatat terlebih dahulu identitas teman saya. Setelah itu saya menanyakan berat badan dan tinggi badan teman saya. Setelah itu, saya menanyakan makanan yang dikonsumsi serta jumlahnya mulai dari sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, makan malam, dan snack malam untuk nantinya dikonversikan ukuran rumah tangga pada gramasi. Selesai itu saya langsung menghitung kalori dari setiap makanan menggunakan aplikasi yang ada di handphone yaitu fatsecret. Setelah mendapatkan berapa kalori dari setiap makanan saya menjumlahkan seluruhnya untuk mendapatkan total kalori teman saya dalam sehari. Dibandingkan dari kebutuhan energi total ternyata total kalori teman saya pada hari itu sudah lebih hehehe mungkin karena teman saya dan saya banyak jajan. Untuk BMI teman saya sendiri termasuk dalam kategori normal. 

Dietary recall ternyata tidak segampang yang dibayangkan oleh saya. Mungkin ada beberapa kendala seperti banyaknya distraksi pada saat mewawancarai dan lupa berapa banyak jumlah makanan yang dikonsumsi. Pengalaman yang menyenangkan bisa mencoba 24 hour dietary recall

   Bahas Dietary recall w/ dokter Siska ❤️