Categories
Elective

PKM : SMA Al-Jawami

PKM ini merupakan kegiatan elektif terakhir yang diadakan secara offline. PKM dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 di SMA Al-Jawami, Cileunyi, Jawa Barat. Kegiatan PKM ini menggabungkan kelompok dokter Siska dan kelompok bu Nayla. Kebetulan saya dan Amara ditunjuk oleh dokter Siska dan bu Nayla untuk menjadi koordinator dengan teman-teman lainnya. Akhirnya kami membuat grup untuk membahas kegiatan PKM. Kami membagi tugas untuk hari H, yaitu ada yang menjadi pembicara, operator, MC, dan ada yang mencari materi untuk nanti disampaikan pada saat kegiatan PKM. Saya mendapatkan tugas untuk mencari materi mengenai pengertian dari kanker payudara. Selain saya yang mencari materi ada teman-teman lainnya juga yaitu Rio, Fay, Enje, Intan, Olive, dan Tami. Pada tanggal 24 Agustus pada saat saya sedang olahraga saya mendapatkan kabar dari dokter Siska bahwa saya, dan Amara diajak untuk berdiskusi mengenai kegiatan PKM secara online bersama dokter Siska dan bu Nayla melalui Zoom meeting. Pada saat itu dokter Siska dan bu Nayla menjelaskan apa saja yang harus dilakukan dan disiapkan oleh kami. Dokter Siska dan bu Nayla meminta kami untuk membuatkan Term of Reference (TOR) PKM secara lengkap mulai dari tujuan kegiatan, metode kegiatan, indikator keberhasilan, sasaran, rundown, RAB, dan lain-lain. 

Sehari sebelum dilaksanakan PKM kami semua meet secara online bersama dokter Siska dan bu Nayla. Ternyata masih ada yang kurang karena kami tidak membagi per divisi untuk melakukan pekerjaannya masing-masing akhirnya setelah meet kami membagi beberapa divisi seperti divisi acara yang harus menyusun rundown baru, membuat games, dan timekeeper. Lalu ada divisi konsumsi yang harus membeli dan menyiapkan konsumsi untuk adik-adik SMA Al-Jawami. Kemudian ada divisi humas, divisi logistik, dan kakak fasil untuk memandu kegiatan diskusi kelompok nantinya. 

Hari Selasa tiba, kami harus berada di SMA Al Jawami pada pukul 07.00 WIB. Saya berangkat dari Bandung pukul 06.00 WIB langsung menuju ke lokasi kegiatan PKM. Sesampainya disana saya bertemu dengan teman-teman dan bu Nayla. Sebelum memulai kegiatannya kami melakukan briefing terlebih dahulu supaya acara bisa berjalan dengan lancar. Sambil menunggu siswa-siswi di SMA Al-Jawami shalat dhuha kami dibagi menjadi dua kelompok jadi ada yang duduk mengikuti kegiatan di lapangan dan sebagian menyiapkan kelas yang akan digunakan untuk kegiatan PKM.

        Kegiatan di lapangan
          Menyiapkan kelas

Sekitar pukul 07.30 WIB kami semua panitia diizinkan untuk naik ke kelas yang digunakan kegiatan PKM untuk membantu teman-teman lainnya menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Pukul 08.00 WIB siswi-siswi (mulai dari kelas 10-12) dipersilahkan untuk memasuki kelas dan sebelum duduk di bangkunya masing-masing siswi-siswi harus mengisi daftar hadir dan mengambil konsumsi yang sudah disiapkan oleh panitia. 

Akhirnya setelah semua berkumpul kegiatan dimulai dengan adanya pembukaan dari MC oleh Amara dan Nisya. Lalu tidak lupa untuk berdoa dan dilanjutkan dengan sambutan mulai dari sambutan ibu kepala sekolah SMA Al-Jawami, sambutan pembimbing elektif yang diwakilkan oleh ibu Nayla, dan terakhir sambutan dari saya sebagai perwakilan dari teman-teman lainnya walaupun saya agak sedikit malu. Setelah sambutan kami memulai kegiatan yaitu menyampaikan materi mengenai kanker payudara. Teman-teman menyampaikan materi dengan sangat baik. Setelah materi selesai disampaikan, kami mengadakan sesi games. Semua siswi sangat antusias untuk bermain games apalagi yang menang games akan diberikan hadiah. 

Lalu ke sesi selanjutnya yaitu sesi fasil dimana siswi-siswi dibagi menjadi 8 kelompok untuk berdiskusi atau bercerita mengenai penyakit kanker payudara. Saya kebagian untuk membimbing kelompok 4 bersama Hasna. Alhamdulillah anak-anaknya cukup aktif bercerita dan bertanya.

Kelompok 4 <3

Sebelum mengakhiri sesi fasil para siswi harus mengisi post test terlebih dahulu untuk mengukur apakah pemateri sudah menyampaikan materi dengan baik atau belum. Kegiatan PKM diakhiri dengan penutupan oleh MC dan dokumentasi bersama.  Setelah semua selesai kami membereskan kembali kursi dan meja yang sudah digunakan dan kami berpamitan untuk pulang. Saya dan teman-teman lainnya memutuskan untuk makan bersama di warung SS. 

      🍱Makan🍱

Kegiatan yang sangat menyenangkan bisa bertemu adik-adik SMA Al-Jawami dan bisa berbagi ilmu mengenai kanker payudara. Dari kegiatan ini juga saya bisa semakin dekat dengan teman-teman kelompok saya bahkan kelompok bu Nayla.