Categories
Elective

SEKAR II : “Urgensi Nutri pada Kanker Payudara”

Seminar pakar “Urgensi Nutrisi pada Kanker Payudara” dilaksanakan pada hari Senin, 22 Agustus 2022 pada pukul 08.00-11.00 WIB. Seminar pakar kali ini dibawakan oleh dr. Siska Wiramihardja Sp.Gk. dan dilaksanakan secara online melalui Zoom meeting. Pertama-tama dokter Siska menjelaskan mengenai prevalensi kanker payudara di Indonesia yang mana ternyata masih cukup tinggi dimana masih ada 65.858 insiden yang harus kita turunkan. 

Dokter Siska juga memberikan penjelasan mengenai natural history kanker payudara. Pada sekar kali ini saya baru mengetahui bahwa obesitas sangat berkaitan erat dengan kanker payudara. Dari yang saya tangkap ketika terlalu banyak lemak di dalam tubuh kita maka lemak bisa meningkatkan insulin. Jika insulin naik maka GF naik yang akhirnya sel bisa berkembang jadi lebih banyak. Selain itu, lemak salah satu fungsinya jadi bantalan dari organ organ kita. Lemak bisa jadi seperti kantong-kantong untuk menyimpan energi  → jaringan lemak (adiposa),  jika terlalu banyak lemak maka lama-lama kantong-kantong akan membesar dan desak-desakan terjadilah hipertrofi. Ketika hipertrofi maka jaringan akan mengalami nekrosis. Ketika jaringan nekrosis maka akan merangsang terjadinya sitokin-sitokin (respon imun tubuh) yang berlebihan yang nantinya bisa berkaitan sama breast cancer. Intinya kalau tidak mau tambah banyak sel kankernya maka sel lemaknya jangan ditambah banyak. 

Selain itu, dokter Siska juga menjelaskan tentang obesity and energy metabolism. Dari penjelasan ini kita harus mengetahui konsep calories in and calories outenergy balance.

Pada kasus obesitas sendiri ini merupakan akibat dari chronic positive energy balance sehingga bisa ditandai dengan adanya peningkatan simpanan lemak dalam tubuh. 

Dari seminar pakar ini saya mendapatkan ilmu baru tentang nutrisi dimana saya merasa harus bisa menjaga makan makanan saya agar bisa mengurangi risiko terkenanya kanker payudara.