Elective 02: Online Discussion

Pada Senin, 8 Agustus 2022 adalah pertemuan kedua pada program elective  breast cancer. Pertemuan kali ini dilaksanakan secara online dengan topik diskusi mengenai fungsi dan prinsip kerja dari alat-alat yang sudah kami lihat sebelumnya di Laboratorium Biomedik Advance di PAMITRAN. Sebelum pertemuan dimulai, kelompok kami telah membagi tugas untuk mencari fungsi dan prinsip kerja dari alat-alat yang ada, saya sendiri kedapatan tugas untuk mencari 2 alat di Laboratorium Farmakokinetik yaitu UPLC (Ultra Performance Liquid Chromatography) dan Magnetic Stirrer.

Ultra Performance Liquid Chromatography merupakan variasi dari High Performance Liquid Chromatography yang digunakan untuk memisahkan satu senyawa dengan senyawa lainnya dan data akan diinterpretasikan dalam bentuk chromatogram. Hal yang membedakan dengan HPLC adalah waktu penggunaan yang begitu singkat (1-4 menit), dapat memisahkan partikel yang sangat kecil (hingga 2 mikrometer), dan bekerja dengan tekanan yang cukup tinggi (100 mPa). Selain UPLC, saya mencari mengenai Magnetic Stirrer. Magnetic Stirrer digunakan untuk mencampurkan larutan yang berbeda dengan prinsip kerja elektromagnetik. Poin plus digunakannya magnetic stirrer adalah dapat menghomogenisasi larutan dengan waktu yang singkat secara stabil.

Memang saya hanya mencari 2 fungsi dan prinsip kerja dari alat yang ada, tetapi saat pertemuan berlangsung saya menyimak juga apa yang teman-teman paparkan (List alat-alat yang didiskusikan) dan mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dokter. Sebenarnya memang sulit untuk menghafalkan atau memahami cara kerja dari masing-masing alat yang ada di 4 lab dalam waktu singkat, tetapi setidaknya sudah ada catatan mengenai alat-alat tersebut yang bisa dibaca dan diulang-ulang lagi supaya bisa tersimpan di memori jangka panjang.

Setelah semua alat terbahas di dalam diskusi, dilanjutkan dengan penjelasan dari Dokter Siska mengenai wahana 2 elective breast cancer yang akan dilaksanakan di Klinik Santi, Jalan Merdeka No. 44, Bandung. Dokter menjelaskan apa-apa saja yang harus dipersiapkan oleh kami dan juga tugas yang akan dilaksanakan nantinya. Sedikit sneak peek untuk tugas di klinik:

  • Dietary recall (hands on)
  • Dietary analysis (hands on)
  • Anthropometrydimension and analysis (hands on)
  • Anthropometrybody composition and analysis (hands on)
  • Communication in nutritional management (sit in)

Untuk kelompok saya, jadwal kunjungan kliniknya itu pada hari Selasa, 16 Agustus 2022 sehingga lumayan banyak waktu untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan.

Di samping penjelasan mengenai kunjungan klinik, kami juga mendapatkan penjelasan mengenai campaign online yang perlu dilakukan. Campaign-nya dalam bentuk konten Instagram (feeds, instastory, dan reels) yang akan di-upload pada Instagram @pinkribbonunpad.

Terakhir, kami membahas juga jadwal pertemuan selama seminggu ke depan. Kira-kira rinciannya sebagai berikut:

  • Kamis, 11 Agustus 2022, pukul 13.00-16.00: Kunjungan laboratorium imunologi di gedung PAMITRAN UP
  • Sabtu, 13 Agustus 2022, pukul 08.00-9.30: Seminar pakar
  • Selasa, 16 Agustus 2022
    • 08.00: Kunjungan laboratorium FK Unpad Jatinangor (pipeting)
    • 16.00: Kunjungan ke Klinik Santi
  • Jumat, 19 Agustus 2022: Diskusi online dengan Dokter Siska.

Sekian pertemuan kedua elective kami secara online, see you!