Kemobar: Snack Bar Tinggi Energi untuk Pasien Kemoterapi

Kemobar: Snack Bar Tinggi Energi untuk Pasien Kemoterapi

Total kasus kanker di Indonesia mencapai 396.914 kasus, dimana terjadi peningkatan tiap tahunnya untuk kasus kanker terutama untuk kasus Kanker Payudara hal ini dikatakan berdasarkan data Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO). Di Indonesia, Kanker Payudara merupakan kasus kanker tertinggi di Indonesia.

Dalam menurunkan tingkat prevalensi dari Kanker Payudara diperlukan untuk pemilihan pengobatan yang sesuai agar dapat menurunkan angka prevalensi. Tujuan pemilihan pengobatan kemoterapi adalah untuk menghambat proliferasi sel dan multiplikasi tumor, sehingga menghindari metastasis dan invasi. Akan tetapi, agen kemoterapi bukan hanya berdampak atau menghancurkan pada sel-sel kankernya saja, tetapi juga menyerang sel-sel sehat. Penyebab yang mendasari hal tersebut adalah karena obat kemoterapi memiliki sifat sitotoksik yang dapat meningkatkan stres
oksidatif sehingga mendukung terjadinya inflamasi. Beberapa efek samping yang bisa terjadi pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi adalah diare, mual, muntah, penurunan nafsu makan, dan perubahan fungsi indera pengecap.

Asupan protein serta energi pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi salah satunya dipengaruhi oleh nafsu makan. Risiko terjadinya hiperkatabolisme yang meningkatkan risiko masalah gizi disebabkan oleh kurangnya asupan energi dan protein. Bukan hanya menyebabkan masalah gizi saja, hal tersebut juga nantinya akan berpengaruh kepada kualitas hidup serta proses penyembuhan dari pasien itu sendiri. Timbulnya efek samping yang tidak menguntungkan bagi pasien kanker payudara ini yang melatarbelakangi dibutuhkannya solusi untuk membantu mengurangi efek dari kemoterapi berupa kekurangan nutrisi pada pasien kemoterapi kanker payudara.

Tujuan ide gagasan ini adalah untuk membantu mengurangi efek dari kemoterapi pada pasien kemoterapi kanker payudara salah satunya penurunan berat badan dan snack bar ini bisa membantu meningkatkan harapan hidup pasien kemoterapi supaya bisa hidup jauh lebih sehat. Selain untuk membantu pasien kemoterapi, tujuan dari dibentuknya ide gagasan ini adalah untuk memenuhi penilaian kelas elective kami.

Selengkapnya dapat diakses melalui link: PROPOSAL GAGASAN KELOMPOK SW (1)