Kuliah Umum 01: “Transformasi Pendidikan Kesehatan di Unpad: Menjawab Tantangan Problematik Kesehatan di Indonesia”

“Transformasi Pendidikan Kesehatan di Unpad: Menjawab Tantangan Problematik Kesehatan di Indonesia”
Hari/Tanggal: Senin, 12 September 2022
Waktu: 10.00-12.00 WIB

Hari pertama kuliah di semester 5 dibuka dengan menghadiri kuliah umum dari Bapak Dekan FK Unpad, Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat. dr., SpOG., SubspOnk., DMAS, mengenai Transformasi Pendidikan Kesehatan di Unpad. Kegiatan dilaksanakan hybrid dengan rincian sebagai berikut:

  • Angkatan 2022
    • Hadir secara luring di Kampus FK Unpad, Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad, jalan Prof. Eyckman No. 38 Bandung
  • Angkatan 2021, 2020, dan 2019
    • Hadir secara hybrid melalui tatap maya zoom dengan memanfaatkan fasilitas ruangan (ruang tutorial dan ruang kuliah) maupun area Kampus FK Unpad di Kampus Jatinangor

Karena merupakan mahasiswa angkatan 2020, maka saya datang ke Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Jatinangor. Angkatan 2020 menempati gedung C3 lantai 3 untuk melaksanakan kuliah umum ini. Setelah menandatangani presensi yang ada di lantai 1, saya bersama beberapa teman yang lain bergegas pergi ke lantai 3 untuk mencari tempat duduk yang nyaman. Kegiatan kuliah umum dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut hymne Unpad, dan terakhir Mengheningkan Cipta.

Secara garis besar, materi kuliah umum ini berbicara mengenai perubahan sistem pendidikan kedokteran di Unpad yang terus menyesuaikan dengan tantangan yang ada pada setiap zaman. Pada awalnya sistem pendidikan kedokteran berbasis scientific (science based), kemudian berkembang menjadi PBL (problem based learning & integrated), dan berkembang lagi menjadi system based dengan menerapkan health system science dan system thinking.

Dengan adanya tantangan-tantangan yang terjadi dan juga dinamisnya kehidupan kesehatan menjadi landasan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran mengembangkan sistem kurikulum 2022 melalui Academic Health System untuk Unpad Bermanfaat dan Mendunia. Tujuan diadakannya Academic Health System untuk mewujudnya derajat kesehatan masyarakat,  daya saing dan kemandirian bangsa yang  setinggi-tingginya melalui akses masyarakat  terhadap upaya kesehatan (publik & perorangan)  dan pendidikan tinggi kesehatan yang berhasil  dan berdaya guna, bermutu, berbasis bukti-bukti  ilmiah & berkeadilan.

Ada 3 tipe pembelajaran yang diterapkan dan ini merupakan langkah yang sudah baik untuk bangkit setelah pandemi COVID-19 berlangsung.

  • Tipe pembelajaran LURING (dilaksanakan secara tatap muka antara dosen dan mahasiswa di kampus)
  • Tipe pembelajaran DARING (dilaksanakan secara online, baik sinkronus maupun asinkronus dengan memanfaatkan teknologi yang ada)
  • Tipe pembelajaran HYBRID (gabungan dari luring dan daring)

Tentunya dalam penerapan Academic Health System ini, Unpad tidak bisa berdiri sendiri, oleh karena ini perlu juga kolaborasi dengan beberapa universitas yang menjadi koordinator untuk mensukseskan kurikulum ini.

Together we can: dengan Academic Health System, derajat kesehatan di Jawa Barat meningkat

Untuk materi selengkapnya dapat diakses melalui: TRANSFORMASI PENDIDIKAN KEDOKTERAN