Ada apa dibalik permasalahan Windows 7

Sudah lebih dari 4 bulan penulis menggunakan Sistem operasi terbaru dari Microsoft yang memang masih digodok terus hingga versi release. Tanpa memanfaatkan source program sebelumnya yaitu Vista, Windows 7 menjanjikan bahwa Sistem Operasi penerus vista ini lebih ringan dan tidak memboroskan spesifikasi perangkat keras yang ada. Namun bugs yang muncul pada Sistem Operasi baru ini satu persatu mulai terlihat, yang membuat kecewa, rekan kerja yang sempat meyakinkan penulis untuk beralih ke Windows 7 ternyata telah berpindah kembali ke XP. Apa saja bugs yang dialami ?

Kesan pertama dengan windows 7 memang begitu memikat, setalah proses installasi windows 7 begitu sepat responnya untuk menampilkan form login hingga desktop yang disajikan. Tampilan yang lebih menarik dan lebih unik juga memudahkan dalam mengakses program  yang ada. Bagi penulis sebagai seorang developer yang sudah terbiasa dengan kecepatan shortcut dan tuts keyboard sepertinya lebih terasa. Selain itu Aplikasi virtual PC dapat berjalan baik di windows 7, sehingga pekerjaan developing yang memang sudah terbiasa dijalankan di virtual PC sama sekali tidak terganggu oleh kepindahan dari XP ke Windows 7 . Meskipun spesifikasi notebook yang digunakan sudah merekomendasikan windows vista untuk digunakan. Beratnya sistem operasi tersebut membuat saya enggan untuk beralih ke windows vista. Itulah mengapa saya pada awalnya sempat memuji Windows 7 sebagai sebuah revolusi sistem operasi yang di tawarkan oleh microsoft.

Permasalahan pertama kali tidak di alami oleh saya melainkan oleh rekan- rekan yang merayu dan meyakinkan saya untuk beralih ke Windows 7. Menurut mereka Windows 7 belum stabil untuk digunakan berbarengan dengan Visual Studio.NET. Ok karena memanfaatkan virtual vc untuk bekerja, saya tidak terlalu khawatir denga peramsalahn tersebut.

Permasalahan pada windows 7 mulai terasa ketika saya mulai melakukan koneksi internet dengan modem 3G dari hp yang biasanya sudah berjalan  dengan baik di XP. Minggu-minggu awal penggunaan internet memanfaatkan modem 3G yang saya gunakan tidak pernah adamasalah, bahkan dengan koneksi bluetooth dari hp ke noteboook pun berjalan baik. Namun minggu-minggu slenajutnya muncul beberapa kendala yang tidak biasa terjadi. Koneksi internet menggunakan modem 3G tidak pernah sanggup untuk memulai koneksi dengan baik. Dan sudah beberapa kali dicoba uninstall dan install ulang sepertinya saya sudah tidak dapat lagi melakukan koneksi internet memanfaatkan modem 3G, untungnya notebook saya disandingkan dengan ubuntu yang dengan setia dapat melakukan koneksi dengan baik dan cepat tidak seperti di windows 7.

Permasalahan selanjutnya kembali muncul dengan koneksi jaringan wifi. Setiap kali notebook berupaya melakukan kenksi otomatis dengan hotspot yang ada dan sudah biasa terhubung pasti diawalai dengan munculnya pesan limited connection. Selanjutnya saya coba berulang-ulang di refresh dan akhirnya terjadi koneksi. Tidak seperti pada ubuntu pada notebook yang sama, koneksi wifi tetap berjalan mulus.

Lagi-lagi permasalahan muncul dengan sistem komunikasi vpn yang juga selalu gagal melakukan koneksi yang sebelumnya jalan.

Selain itu muncul lagi permasalahan yang lebih penting. Ketika malakukan pembacaan mobile harddisk, beberapa partisi yang sebelumnya dapat dibaca ternyata sudah tidak dapat dibaca lagi dan wajib di format ulang!!?. Lalu saya coba di cek di komputer lain partisi2 tersebut tetap baca.

Ini baru masalah yang saya temukan bagai mana dengan permasalahn yang lain ? . Jika saja microsoft meluncurkan windows 7 tanpa melihat dulu permasalahan yang terjadi pada saya. Saya berani simpulakn windows 7 tidak ada perbedaan dengan windows vista!!.