Gagasan, Ide, Bahan Riset di masa pandemi covid-19 2021

Sudah 1 (satu) tahun masa pandemi di indonesia berlangsung, dan sudah 1 (satu) tahun pula beberapa orang merasakan WFH. Mungkin pelajar dan mahasiswa masih belum merasakan belajar di sekolah atau kampusnya. Meskipun demikian roda kehidupan terus berputar. Semua tetap bekerja dan belajar. New normal memang menjadi normal, dan normal lama mungkin menjadi old normal. Setidaknya kondisi ini akan memaksa kita menemukan cara- cara baru di keseharian kita, tentunya  cara-cara baru tersebut bisa saja salah satu dari inovasi yang ditunggu- tunggu. Melanjutkan tulisan- tulisan sebelumnya, penulis mencoba memberikan ide-ide yang mungkin saja sudah banyak yang menemukan tapi masih jarang di coba atau bahkan mungkin baru sama sekali yang bisa didalami dan dikembangkan agar bisa menjadi kenyataan. Tentunya ide ini bisa saja yang sudah dijelaskan sebelumnya dengan sedikit update menyesuaikan kondisi yang terjadi hingga saat ini dan perkembangannya ke masa yang akan datang.

  1. Open e-Healthy data : Sistem Data Kesehatan terbuka berdasarkan data dari perangkat kesehatan pintar seperti smartwatch, yang dapat mengukur suhu, saturasi oksigen, denyut jantung, gerakan, dll. Data tersebut dapat dijadikan data pendukung dalam sebuah sistem komunitas untuk dukungan dan pemantauan kesehatan sebuah perusahaan atau instansi atau bahkan pemerintah daerah.
  2. Employee Learning Program: Program pembelajaran pegawai selama masa pandemi yang mengintegrasikan virtual meeting, konten pembelajaran, dan WFO yang efektif sehingga, pada masa pandemi bagi pegawai yang beban kerjanya berkurang tetap diberikan pengembangan untuk persiapan new normal yang lebih matang.
  3. Gate Vision : Sistem pemantauan gerbang masuk berbasis teknologi, seperti kamera cctv, sensor thermal, dengan dukungan deteksi nomor kendaraan, jumlah penumpang, dan melihat suhu penumpang baik kendaraan mobil, maupun motor.
  4. Virtual/Remote Labs : Sistem virtual atau remote yang membantu proses tugas lab yang dapat dilakukan jarak jauh dibantu robot atau dibantu visualisasi virtual seperti game.
  5. Local Virtual conference: Pengembangan sistem VCon khusus lokal yang lebih murah, bisa dilakukan tanpa internet ketika di kantor.
  6. Pandemic map for Cyclist, Biker, Driver, sistem pemindai melalui komunitas yang membantu memonitoring area pandemi agar ada alarm tidak dilalui.
  7. Distance Alarm : Sistem yang dapat mendeteksi jarak berdasarkan CCTV kamera.
  8. Man-Mask Alarm: Sistem yang dapat mendeteksi penggunaan masker yang baik berdasarkan CCTV kamera.
  9. Wash Alarm: Sistem yang memberikan alarm mencuci tangan setelah mendeteksi adanya kontak tangan dengan benda atau orang lain.
  10. Mobile 3D posttioning, sistem yang dapat mendeteksi posisi berdasarkan gps dan ketinggian untuk mengetahui ada di lantai berapa.

Demikian beberapa ide dan gagasan-gagasan inovasi yang mungkin teknologinya sudah ada dan umum namun masih jarang diimplementasikan khususnya di indonesia.

Comments are closed.