Masih layakkah teknologi masa depan di sebut komputer?

Sudah beberapa hari mailbox saya dikejutkan oleh email langganan dari sebuah media ternama dari amerika “COMPUTER WORLD”, saya baru sadar kalo email tersebut datang oleh permintaan saya sendiri yang mengaktifkan email langganan tersebut.

Media Computer World yang saya pilih karena mengingatkan saya waktu jaman SMA (1994) yang selalu membeli media ini (dalam bentuk tabloid), tapi buka tabloid terbaru melainkan tabloid bekas yang terlambat 2-4 bulanan kebelakang yang saya beli di pelataran trotoar samping gedung PLN asia afrika dan sungai cikapundung atau di Pasar Suci.

Saya antusias membaca bermacam teknologi komputer saat itu dimana tahun-tahun yang bersejarah kehadiran internet mulai sering didengar. Tapi sayang informasi yang ada di Tabloid tersebut sepertinya bukan informasi seperti yang saya bayangkan. Yang saya bayangkan saat itu kalo tabloid dengan nama “COMPUTER” berarti komputer terbaru seperti apa, tip dan trik pemrograman, software- software dan sistem operasi terbaru apa. Memang ada tapi hanya sedikit. Akhirnya saya suka dari tabloid itu karena kertasnya bagus, meskipun tipis dan ringan tapi mengkilat, dan gambarnya penuh warna, termasuk iklan-iklan yang ada, biasanya saya gunting dan dijadikan poster menggantikan poster metallica, Gun N Roses, Sepultura dan Indecent obsession yang ada dikamar saya dan hingga saat ini ada satu poster bertuliskan RECENTRALIZATION IT yang dimasukan kedalam figura, masih tergantung di dinding bekas kamar saya. RECENTRALIZATION IT ? ah istilah apa itu perasaan komputer tidak perlu membahas itu, tapi gambarnya bagus Kerrennn!!!. Perlahan-lahan tulisan itu baru aku banggakan setelah saya berputar-putar bekerja di jakarta membawa sebuah nama sebagai tim outsource yang namanya sudah tidak terlihat dan terdengar dibalik nama- nama perusahaan IT raksasa pada saat itu Agrakom, MWeb, Indoexchange.

Dunia komputer sepertinya melesat menjauhi definisi computer yang lahir dari generasi pertama seperti informasi- informasi yang dari dulu pernah saya baca dan tidak mengerti hingga email-email sekarang yang “mulai sedikit agak lebih” mengerti. Semua perangkat sepertinya tidak mau melepas istilah “COMPUTER” pada perangkat- perangkatnya bahkan teknologi yang mulai menjadi trend barupun tetap saja mencantumkan istilah COMPUTER yaitu “Mobile Computer”. Boleh tidak jika teknologi masa depan istilah “COMPUTER” diganti ?


Saya coba “nyomot” melalui google tentang definisi computer dengan kengetikan “define:computer” , keluarlah beberapa hasil , salah satu hasilnya didapat dari wiki : “A computer is a machine that manipulates data according to a set of instructions“. Pada definisi tersebut ada 3 (tiga) kata kunci yang digaris bawahi, yaitu Mechine, data dan instruksi. 

  1. A machine is any device that uses energy to perform some activity
  2. The term data means groups of information that represent the qualitative or quantitative attributes of a variable or set of variables. Data (plural of “datum“, which is seldom used) are typically the results of measurements and can be the basis of graphs, images, or observations of a set of variables. Data are often viewed as the lowest level of abstraction from which information and knowledge are derived.
  3. an instruction is a single operation of a processor defined by an instruction set architecture.

Dari ketiga kata kunci tersebut saya mempertanyakan, jika teknologi kedepan ada sebuah definisi menjadi a thing that manipulates data according to a set of instructions, atau a mechine that manipulates something according to as set of instruction, atau a mechine that manipulates data according a set of step. Apakah defini kedepan komputer sudah tidak digunakan lagi?.

Terkadang saya berpendapat dan merasa bahwa istilah komputer lebih cenderung kepada fisik: komputer PC, Laptop dan Server. Mungkin karena itulah saya mulai bertatnya apakah komputer akan tergantikan oleh sesuatu yang lebih hebat, Robot? Cyborg? atau ada istilah yang lebih baru lagi? Atau mungkin saat ini memang istilah komputer masih layak digunakan, sesuai dengan definisi, apa yang terjadi memang masih relevan dengan istilah Komputer.

Tulisannya cukup sekian dulu, jika ada inspirasi baru, nama apa yang tepat jika ada sebuah revolusi penemuan terbaru yang dapat menggantikan komputer..