silverlight, flash, svg

Silverlight, Pertama kali saya mendengar produk baru dari microsoft ini masih gak terlalu ngeh. Tapi pas saya dengar silverlight itu jadi pesaing flash, ternyata rencana microsoft membawa wpf bersama .net terus melaju.  Microsoft memang pingin tetep nomor 1.

Pertama kali saya mendengar WPF (windows presentation foundation) waktu micrsoft mengadakan acara seminar super code heroes, dimana dengan wpf ini desain form akan lebih mudah. Seorang graphic designer bisa membuat interface di software designnya seperti corel draw misalkan, kemudian hasilnya langsung menjadi form di visual studio.  Syntax wpf sendiri dibangun berdasarkan struktur xml.  Jadi kalo dipikir- pikir ternyata wpf ini bisa jadi meniru konsep svg (atau mungkin malah sebaliknya). 

Strategi microsoft tidak cukup hanya sampai mengembangkan wpf untuk interface saja tapi juga wpf dikembangkan hingga bisa mendukung multimedia seprti halnya flash. Dengan menawarkan keunggulan dan kemudahannya wpf dikemas oleh aplikasi silverlight yang mendukung segudang fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan flash dan svg.

Untuk melihat contoh dan hasilnya lihat di http://silverlight.net/community/gallerydetail.aspx?cat=3&sort=2#vid90, kita lihat saja dukungan ke wpf ini sejauh mana dan apakah wpf bisa menggeser svg, atau silver light menggeser flash. Kalo ada yang lebih tau lebih jauh saya tunggu tanggapannya.