GIS Network Map Monitoring

Network Map Monitoring merupakan sebuah media yang dijadikan untuk memantau peta jaringan, sebelumnya saya pernah membahas Network Map Monitoring berbasis SVG di http://arif.unpad.ac.id/?p=32, tapi ini Network Map yang dikembangkan adalah Network Scheme, Tidak memperlihatkan informasi posisi berdasarkan lokasi dari letak-letak perangkat jaringannya, hanya memperlihatkan server mana yang mati atau tidak. Untuk lebih memperlihatkan letak posisi suatu jaringan munculah ide menggabungkan Network Map Monitoring dengan GIS, jadi tidak hanya informasi Peta Jaringan secara skema saja yang dapat dilihat, Namun posisi fisik dari perangkat jaringan  seperti server, hub dll, dapat terlihat lokasinya dimana, di jalan apa, gedung apa , lantai berapa dan yang penting denah posisi nya yang digabungkan dengan peta asli dan tentunya teknologi yang dikembangkan disini dapat web maupun desktop.

Ada beberapa pertimbangan teknologi web yang dapat dimanfaatkan :

  1. Imagemap html, ini mungkin untuk saat ini dapat digabung dengan teknologi AJAX
  2. Beberapa activex tools yang ada seperti :
    • Macromedia Flash untuk media display
    • SVG dan AJAX untuk display
    • Silverlight dan AJAX untuk display
    • Aplikasi GIS seperti MapInfo dengan MapExtreme
    • dll
  3. Aplikasi JAVA
  4. Aplikasi GIS opensource

Apapun teknologi yang akan dikembangkan harus mempertimbangkan beberapa hal :

  1. Ruang lingkup PETA yang ada, apakah membutuhkan detail yang cukup tinggi atau rendah, disini kita dituntut menghitung skala PETA yang akan kita tampilkan, lebih tinggi detail yang akan ditampilkan skala yang dibuat pasti harus lebih kecil dan luas peta pun ikut berpengaruh.
  2. Format peta yang ada seperti apa ? MapInfo, ArcView, SVG, XAML, Image, Spatial Data ?
  3. Teknologi pemrogramannya ? Desktop base : Java, VB, Delphi, Webbase : JSP, ASP.NET, PHP ?
  4. Terakhir konsep monitoring peta yang akan kita kembangkan apakah realtime online atau on demand ? Disini untuk program desktop dan webbase akan memanfaatkan timer sebagai update refresh pembacaan data network.

Untuk sementara ini bahasan dari saya, disambung dilain kesempatan.