Eh ada SIAKAD opensource !

Sangat sulit mencari software opensource , terutama software yang dibuat oleh orang indonesia. Maklum di sini yang namanya opensource itu download terus pake gak mikirin yang bikinnya siapa (meskipun sah-sah saja). Kalo di luar negeri yang bikin opensource pasti ada donatur tetapnya, jadi para developernya tetap betah dan kenyang. Agak sedikit kuper sih saya baru tau ada software siakad yang opensource namanya sisfo kampus.  Mau download programnya lihat aja disini http://www.sisfokampus.net.

Kebetulan ada tim sisfokampus yang bersedia presentasi di unpad, enggak formil sih karena kita sendiri masih dalam tahap mempelajari beberapa sistem yang mungkin bisa jadi bahan referensi untuk siakad unpad.

Hasil dari presentasi cukup menarik , hampir setiap permasalahan siakad yang saya utarakan sisfokampus sudah menyediakan, dan karena opensoruce sisfokampus mengajak tim developer berkembang bersama. Rekan saya Rafly sendiri ikut bertanya dan permasalahannya juga hampir sebagian ada.

Ini dia sistem akademik yang cukup menarik, kalo lihat dari desain oke , mereka mengakuinya karena kalo soal makeup kan kalo mau kita juga bisa mengupdate tapi ini sistemnya cukup dinamis.

Oke mudah-mudahan tim sisfokampus bisa terus berkembang lagi, pak jonathan dan pak emanuel terima kasih banyak atas presentasinya.