Hati – hati virus di komputer anda (bagian I)

Layanan internet di Unpad sangat lambat! , itulah kira-kira tanggapan sebagian besar pengguna internet di lingkungan kampus Unpad. Keluhan ini memang menjadi tantangan bagi tim pengelola jaringan komputer Unpad untuk terus bekerja keras agar layanan internet ini dapat dirasakan secara mudah dan cepat. Banyak faktor yang menyebabkan akses internet di jaringan unpad sangat lambat, mulai dari tidak seimbangnya antara besar bandwidth dengan jumlah komputer yang tersambung ke jaringan internet, letak kampus yang terpisah-pisah, cuaca (hujan dan angin) dan virus. Ada baiknya jika kita mencoba melihat salah satu faktor yang terkadang diabaikan oleh sebagian pengguna komputer di lingkungan unpad, yaitu Virus.

Apa itu virus komputer ?

Virus dalam teknologi keamanan komputer adalah sebuah program yang dapat memperbanyak dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyusup ke program atau file lain. Proses penyebarannya sendiri terus berkembang mengikuti teknologi yang berkembang pada saat itu. Banyak Istilah-istilah lain yang menggangu keamanan komputer dan jaringan selain virus komputer, seperti spyware, Trojan, adware dan lain-lain. Program – program tersebut sebenarnya sangat mengganggu kerja computer dan jaringan.

Bagaimana virus komputer menyebar

Virus computer tidak muncul dengan sendirinya, ada beberapa media yang menjadi penyebar virus diantaranya adalah media penyimpanan eksternal seperti disket, CD/DVD ROM, flash disk dan yang terakhir adalah jaringan (LAN dan Internet).
Proses penyebarannyapun beragam. Jika melalui media penyimpanan eksternal misalkan flashdisk, ketika kita tancapkan USB flash disk system windows otomatis akan mendeteksi flash disk tersebut dan akan memunculkan form konfirmasi apakah kita kan membuka explorer atau perintah buka foto, jalankan media player dan lain-lain, saat itu jika dalam flash disk ada file yang otomatis ikut tereksekusi akibat form konfirmasi ada kemunkinan virus ikut bekerja dan mencari drive komputer anda misalkan c:.
Selain itu ketika flashdisk dibuka menggunakan windows explorer, ada file-file yang seolah-olah file tersebut adalah file yang kita cari atau butuhkan, ketika kita buka file tersebut (misalkan file word dengan icon dan ekstensi seolah2 doc) dengan cara mendouble klik… ternyata file tersebut adalah virus yang menyamar.
Jika anda pernah mengalaminya , “welcome to the club!”

Bersambung..