Kerusakan-kerusakan pada notebook toshiba

Sejak tahun 2000 saya sangat percaya kalo notebook yang paling bagus itu notebook toshiba. Namun berdasarkan pengalaman ternyata notebook yang sempat menempati No.1 di indonesia ini banyak celah yang memungkinkan cepat rusak.

Bukannya mau menjatuhkan sebuah merek tapi karena ini pengalaman yang berbuah kekecewaan saya yakinkan bahwa notebook toshiba ini tidak cocok bagi saya. Tipe Notebook toshiba yang pernah saya gunakan adalah Satellite A10 pentium 4.

Berikut ini urutan kerusakan- kerusakan yang pernah saya alami selama memegang notebook toshiba beserta beberapa solusinya supaya saya bisa survive pake notebook ini :

  1. Mungkin karena setiap kali saya menggunakan notebook , kabel selalu ditancapkan ke listrik, kurang dari satu tahun batreinya sudah drop. Saran saya bagi yang suka pake notebook terutama tipe lama, tancapkan listrik jika komputer sudah memberitahukan batreinya harus di charge dan copot listriknya jika sudah penuh.
  2. Saya suka menggunakan jaringan, jadi sering tancap – cabut, ini juga mungkin karena keseringan, kayaknya ada kawat yang bengkok atau apa, baru setahun sudah tidak dapat di pakai, pernah dibawa ketempat servis dan menyarankan membeli ethernet external aja, karena kalo service biayanya akan jauh lebih mahal. Saran saya pastikan soket rg yang anda gunakan jika mau connect ke jaringan , rg nya harus yang bagus.
  3. Yang terakhir saya dikagetkan dengan modemnya, yang mendadak menghilang seolah-olah modem dicopot dari notebook. Sama sekali tidak terdeteksi. Setelah saya cari di internet solusinya, ternyata dan ternyata… si modem katanya ada yang renggang alias tidak terpasang dengan benar, dan banyak sekali yang punya pengalaman seperti ini, tidak hanya pada  toshiba jenis A10 tapi banyak yang jenis lainnya. Solusinya pun cukup lucu, dari pengalaman dari beberapa milis dan forum katanya buka saja tupup dimana modem dipasang, terus ganjel dengan kertas kurang lebih 8-10 lipatan dan tutup kembali. Saya coba buka tutupnya di tempat modem terlihat memang ada kertasjuga yang menutupi bagian modem dan kertasnya berlipat-lipat, hmmm… sepertinya toshiba (mungkin) mencoba yang sama agar modem nya tetep awet dengan cara diganjel juga. Akhirnya saya ganjel dengan kertas dan di tutup kembali. Hasilnya modemnya terdeteksi dan on lagi. Tapi ini tidak menjamin sebagai solusi yang terbaik, bisa aja bisa tambah rusak bagian modem atau komponen lainnya.

Kerusakan-kerusakan ini adalah benar-benar pengalaman saya. Teman saya yang lain punya pengalaman berbeda dengan notebook toshibanya :

  1. Layar lcd nya ngedadak hilang (ada dua orang yang saya tahu pernah mengalami seperti ini pada notebook satellite PIII) katanya ada kabel yang putus disekitar bagian bawah lcd nya.
  2. DVD – RW temen ku yang lainnya juga aneh kalo cd rom biasa bisa dibaca tapi dvd romnya gak bisa dibaca, padahal sebelumnya bisa. Kemungkinan ada komponen yang longgar yang khusus untuk membaca dvd gara2 terbentur atau jatuh.

Bukan berniat mau menjatuhkan sebuah produk tapi ini hanya untuk berbagi pengalaman bisa saja mungkin ini karena perwatannya yang salah.

Sekarang saya menggunakan notebook HP nx6120 dan Acer , mau tau apa saja kerusakannya? Tunggu saja artikelnya di blog ini.