yahoo messenger versi wap ada lagi (kuper nih)

lagi iseng browse pake handphone masuk ke wap yahoo ternyata yahoo messenger versi wap ada lagi, sebelumnya dulu saya masih pake hp siemens s45, masih rajin chat pake ym wap. tapi ngedadak layanannya distop. sekarang muncul lagi. lalu apa keuntungan antara ym wap ama instant messenger java yg lain seperti im+, reporo, morange, atau aplikasi im java yang lainnya

sebenarnya yang paling penting dalam pemanfaatan instant messenger adalah murah, aman dan legal. ada pertimbangan jika aplikasi khusus im client sebenarnya lebih menjamin keamanannya, tapi jika aplikasi client tersebut adalah 3rd party, wah hati2 jangan2 data pribadi bisa dicuri dengan mudah. dan saya lihat beberapa aplikasi harus beli misalnya IM+.
Sekarang saya masih menggunakan reporo, kebetulan aplikasinya gratis dan tidak terkena pulsa paling biaya gprs. Cuman interface awal menampilkan layanan lain yang cukup bagus dengan konten yang besar. Ini yang berpengaruh bagi saya yang hanya membutuhkan ym untuk chat.. Biaya gprs menjadi lebih besar karena beberapa konten yang tidak dibutuhkan.
dan pastinya kecepatan akses tambah lambat. Memang beberapa aplikasi im menawarkan layanan lain selain yahoo, seperti msn, icq, google talks, aol dll tapi bagi saya karena hanya yahoo yang saya butuhkan jadi sebenarnya layanan itu tidak perlu.
Setelah mencoba yahoo messenger versi wap, wah tampilannya lebih mencoba mendekati ym versi pc (jauh sih tapi lumayan) . Keuntungannya lumayanlah:
pertama gratis, kedua lebih ringan, ketiga lebih murah karena gak online tapi access on demand. Agar aksesnya lebih aman dan murah pake browser opera mini. karena yahoo messenger wap ini .menyediakan setingam khusus untuk pengguna yang menggunakan opera mini.
silahkan dicoba.