EPSBED untuk DOSEN

Biasanya EPSBED (Evaluasi Program Studi Berdasarkan Evaluasi Diri) diterangkan sebagai Sistem Evaluasi bagi Program studi melalui pengumpulan data berdasarkan SK-034 yang didukung dengan program aplikasi EPSBED yang “ringan” (program DOS) dan struktur data (termasuk format data) yang terus bertambah dari tahun ketahun. Penjelasan ini terkadang bagi para operator data di fakultas ataupun program studi menjadi sesuatu yang ditakuti, karena hingga saat ini proses yang terbaik dalam pengumpulan data adalah mengentri langsung ke program aplikasi tersebut. Jika proses dilakukan dengan mengkonversi langsung berarti cukup banyak harus dimengerti baik oleh operator atau yang menggabungkan data seluruh fakultas. Sepertinya EPSBED yang menakutkan ini harus dipoles agar kesan menakutkannya tidak muncul kembali, atau bahkan menjadi sesuatu yang menarik karena manfaat dan fungsi EPSBED sendiri sebenarnya untuk kepentingan program studi dan perguruan tinggi juga.

Apakah Dosen perlu mengetahui EPSBED sejauh itu ? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung posisi Dosen ada dimana. Jika dosen tersebut ditunjuk menjadi panitia atau operator yang harus terjung langsung, disarankan wajib mengetahui hingga akar-akarnya. Namun jika dosen tersebut tidak terlibat sama sekali ke tim pengumpulan data, ada baiknya dosen tersebut tetap memantau EPSBED ini. Dosen yang tidak terlibat tetap harus memantau karena pada laporan epsbed terkandung data dosen yang bersangkutan.

Pastikan data dosen yang terdat di EPSBED adalah benar, karena ini menyangkut karier dan legalitas dosen yang berangkutan di perguruan tinggi yang ditetapkan. Data apa saja yang harus dilengkapi ?

  1. Profil Dosen
  2. Riwayat Pendidikan
  3. Data Penelitian
  4. Riwayat Cuti / Studi lanjut
  5. Data Akademis

Banyak kasus di beberapa perguruan tinggi lain terutama perguruan tinggi swasta yang mencatut data dosen untuk kebutuhan pengurusan ijin program studi ke DIKTI tanpa sepengetahuan Dosen yang bersangkutan. Untuk menghindari hal tersebut  diharapkan dosen ikut aktif memantau data EPSBED yang telah terdata di DIKTI melalui website http://evaluasi.or.id .

Untuk Presentasi powerpoint dapat di download di sini
DOWNLOAD PRESNTASI