Spark, instant messenger pintar yang bisa lokal

Pemanfaatan Bandwidth internet di Unpad sebagian besar dimanfaatkan mengakses media komunikasi seperti instant messenger dan komunitas (friendster dll).  Untuk media komunikasi seperti instant messenger cukup berperan dan membantu sebagai media komunikasi alternatif, bahkan beberapa pihak telah memanfaatkan penggunaannya untuk komunikasi bekerja, seperti rapat dengan conference atau voice pc 2 pc. Tingginya penggunaan media tersebut cukup disayangkan jika harus memanfaatkan bandwidth internet. Harusnya intranetlah yang dapat dimanfaatkan. Dilain pihak pemanfaatan komunikasi keluar tetap dapat dimanfaatkan. Ditengah kebutuhan tersebut ternyata ada saja perusahaan yang menawarkan dengan “Gratis” sebuah instant messenger memanfaatkan jaringan lokal, dan juga terhubung dengan jaringan instant mesenger dari account luar seperti yahoo, msn dan gtalk.

Adalah Ignite Realtime sebuah perusahaan yang telah mengembangkan instant messenger yang dapat menyediakan server lokal dan tetap menyediakan fasilitas account dari instant messenger terkemuka yang lainnya seperti yahoo, msn dan google talk yaitu Spark. Spark dikembangkan dalam lingkungan open source sehingga sangat tepat dimanfaatkan instansi atau perusahan besar yang memiliki jaringan LAN dan MAN.

Setelah dicoba Spark cukup memuaskan apa lagi Spark telah mendukung sistem authentikasi berbasis LDAP, sehingga para pengguna lokal yangtelah memanfaatkan sistem authentikasi tersebut tidak harus bersusah payah mendaftar lagi. Unpad dengan PAUS nya,  dengan sangat mudah dapat memanfaatkan Spark untuk memenuhi kebutuhan komunikasi lokal.

Dengan spark diharpkan nelpon, diskusi dan rapat berbeda gedung atau kampus, gak perlu menggunakan yahoo messenger, gunakan saja spark. Bagi yang merasa yahoo messenger tetap harus online, spark telah menyediakan fasilitas tersebut.

Untuk dapat memanfaatkan Spark, download program spark client di http://www.igniterealtime.org/downloads/index.jsp , akses ke server yang telah  disediakan DCISTEM untuk informasi lebih lanjut hubungi DCISTEM (bang dani) . Gunakanlah user dan password yang sama ketika anda akan mengakses internet di Unpad.

Saat ini Spark masih dalam tahap pengujian. Diharapkan Spark dapat dipermak dan dijadikan salah satu tools Padjadjaran Collaboration System untuk menunjang elearning.

(code name : Paramecium- Padjadjaran messenger center for intranet under MAN)