Menunggu Silverlight di Perangkat Mobile

Silverlight sudah jauh-jauh hari telah disiapkan untuk perangkat mobile khususnya untuk perangkat yang bersistem operasi Windows Mobile dan Symbian S60. Namun hingga saat ini saya belum mendengar kabar bahwa silrverlight versi mobile ini kapan tepatnya akan dilaunching (atau jangan2 sudah) . Bagaimanapun juga jika hal ini memang sudah dan menunjukan kestabilannya, Waktunya untuk beralih silverlight  memang sudah tepat.

Silverlight pernah saya jelaskan di tulisan sebelumnya, mungkin dapat disimpulkan silverlight menghadirkan sebuah aplikasi yang dapat menampilkan berbagai kebutuhan grafis melalui web secara lengkap melalui format dokumen XAML. XAML sendiri merupakan sebuah format ML yang mirip HTML, yang membedakannya adalah format XAML ini dukungannya lebih luas terutama untuk kebutuhan grafis dan multimedia.

Sebelumnya secara pribadi sebelumnya saya belum tertarik untuk beralih ke silverlight, sebelumnya SVG sebagai pioner pencetus graphics web based document ini cukup memfasilitasi, mungkin dukungannya tahun demi tahun terlihat berkurang apalagi Silverlight terus memberikan dukungan dan inovasi terhadap technologi termasuk dukungannya terhadap beberapa Development Tools buatan microsoft severti Visual Studio (versi 2008 dan .NET Framework 3.5).

Berminat ?

Jika berminat berikut ini beberapa link yang dapat dilihat dan dipelajari :

  1. www.silverlight.net
  2. http://channel8.msdn.com

Untuk yang berbahasa indonesia ada di :

  1. http://geeks.netindonesia.net
  2. http://mugi.or.id

Software yang dapat mendukung XAML ini salah satunya adalah Microsoft Expression Blend.

Sekarang tinggal menunggu sepak terjang silverlight di dunia Mobile gadgets, mudah- mudahan Silverlight bisa support di UIQ juga.