Oh delphi, riwayat mu kini

Di awal tahun 1997, mungkin itulah pertama kali saya jatuh cinta sebuah Aplikasi Developer yang bernama Delphi. Pemrograman yang sebenarnya dulu cukup terkenal barsanding dengan Visual Basic dan Power Builder. Cukup banyak hasil penelitian dan proyek bisnis dibuat menggunakan Software Delphi ini.  Sudah lama penggunaan Aplikasi Delphi tidak mengikuti pergantian versi, tetap patuh dengan versi 5 atau 7 mungkin itu versi yang muncul sekitar tahun 1999 keatas. Lalu bagaimana kabarnya sekarang?.

Delphi merupakan program aplikasi yang ditujukan bagi para programmer dalam mengembangkan aplikasi cepat berbasis Graphical User Interface (GUI) , dulu lebih dikenal sebagai RAD (Rapid Application Development) dengan jagoan bahasa pemrograman Pascal, software yang pernah bersaing pada waktu itu adalah Power Builder dan Microsoft Visual Basic. Namun secara perlahan Para pecinta Power Builder mulai berguguran, bahkan sempat terlihat Programmer Delphi, Visual C++ / C++Builder dan Visual Basic Meningkat.

Singkat kata Saat Versi 5 ini boleh saya katakan merukana Titik puncak kesuksesan Delphi untuk pengembangan aplikasi, memang munculnya pemrograman web sedikit membuat delphi terkejut, ASP dan PHP mulai menjadi perhatian banyak programmer , selain itu pemrograman JAVA dan teknoogi XML membuat pemrograman berbasis internet ini lebih meningkat lagi.

Delphi mungkin mulai sedikit turun gaungnya alih-alih perusahaan borland mulai merugi akhirnya borland di jual ke Inprise, jadilah Inprise delphi dimulai versi 6. Dari sini mungkin penulis mulai kurang mengikuti lagi perkembangan delphi ini, karena mungkin lebih banyak proyek yang dikerjakan berbasis web. Bukannya delphi (mulai dari delphi 5) tidak bisa melakukan pemrograman berbasis internet namun harus diakui ASP dan PHP cukup menggigit. Dan Jama open source mulai menggeliat Delphi versi linux pun dikembangkan namun sayang ternyata Kylix (delphi versi linux) ini jelas-jelas masih banyak bug yang tak bisa mengejar kompatibilitas linux)

Tidak lama dari peluncuran SUN Java SE, perlahan- lahan para punggawa delphi mulai di “culik” (maksudnya sih pindah kerja) microsoft,  Anders Hejlsberg pada tahun 1996, selanjutnya Chuck Jazdzewski, Danny Thorpe yang sempat ke google dan ujungnya ke microsoft. Mulailah lahir Microsoft.NET.

Delphi sendiri terus berusaha berjalan akhirnya berpindah tangan ke Perusahaan CodeGear lalu akhirnya dibawah perusahaan Embarcadero.

Meskipun tekhnologi Delphi terus berkembang mulai dengan dukungan ke PHP dan .NET Framework namun inovasi yang dimiliki sepertiya hanya sebagai bumbu yang terus mengikuti pihak lain.

Sebagai pengguna sejati Delphi5, pengalaman delphi cukup memprihatinkan sebagai salah satu Aplikasi pengembangan yang sempat mendunia ini. Apakah para programmer delphi menghilang? menurut penulis tidak, pastinya banyak para programmer delphi mungkin yang umurnya antara 25 hingga 40 masih menggunakan pemrograman ini. Mungkin sisanya banya beralih ke Micorosft.NET, PHP dan Java.

Apakah delphi dapat muncul dengan inovasi lain yang mungkin berbeda dibandingan software lainnya? kita tunggu saja.