Windows Azure, bersiap-siaplah bekerja di awan!!

Membuat sebuah aplikasi website selalu dihadapkan, membangun aplikasi di komputer kita, jalankan di webserver lokal untuk testing, selanjutnya buatkan domain baru dan upload ke server agar dapat diakses dijaringan mau internet or intranet. Muncullah konsep baru yang mencoba menyediakan pengembangan aplikasi “one stop service”, membangun aplikasi langsung di server yang terkoneksi jaringan internet. Bersiaplah membangun aplikasi diawan, kali ini ada Windows Azure.

Windows Azure, bukanlah sebuah sistem operasi yang akan menjadi pesaing Windows 7 , namun sistem operasi ini mencoba memberikan layanan bagi para developer mulai dari create, deploy dan pendistribusian webservice secara cepat , tentunya Sistem operasi ini berjalan dengan ada nya framewrok khusus “Azure Service Platform”.

Dengan Windows Azure kita dapat secara langsung membangun aplikasi web dan langsung dapat diakses, dimana aplikasi yang kita bangun tertampung di microsoft data center. Jadi kita dapat membangun aplikasi di awan secara langsung.

Aplikasi web apa saja yang dapat dibuat untuk sememntara yang saya denger sih yang mendukung baru Visual Studio dari microsoftlah yang mendukung, namun tidak menutup kemungkinan project dengan pengembangan yang lain dapat gabung seperti Java  , PHP dan yang lainnya.

Windows Azure sendiri baru akan dilaunch akhir tahun 2009 ini, penulis penarasaran mencoba Windows Azure ini hanya saja memang disarnkan menggunakan Visual Studi 2008, akan dicoba sebarapa mudah dan efektifkah windows azure dalam memberikan kemudahan bagi para developer. Jadi para developer bisa membangun aplikasi dimana saja hingga udzur, hidup Azure!!!…