Maaf Angka 13 nya emang buat mba

Siang- siang di bulan puasa pertama, sedang sibuk nyiapin proposal sedikit pusing karena tadi malam begadang. Ada tamu datang ke ruangan ternyata mahasiswa baru program pasca kedokteran. Permintaannya sederhana, no urut di NPM nya gak mau angka 13.

Kalo mau gampangnya sih tinggal edit aja dan buat nomor baru. Tapi apa artinya sebuah sistem kalo hal seperti itu diikuti. Jangan- jangan nanti permintaannya nambah lagi minat status pembayarannya dianggap lunas dan lain-lain.  Si mba memang kelihatannya sangat tidak menyukai angka 13 (tiga belas) mungkin dia penganut kepercayaan 13 adalah angka sial. Padahal saya pernah liat di tv (korban iklan) kalo angka 13 gak selalu membawa angka sial seperti yang diperankan indra di sebuah iklan operator selular dalam rangka menyambut ulang tahun yang ke 13.

Alasan itu tetap gak diterima si mba, saya tetap bersikukuh dan bilang juga ke dia saya dibayar berapapun gak bakalan berani mengubah NPM dia. Dan saya kasih lagi argumen “iseng” : “Mba kan masuk ke fakultas kedokteran, tau gak kode fakultas kedokteran itu berapa? ” dia geleng kepala, saya jawab “13” , jadi sebenarnya Mba beruntung dapat no 13, sesuai dengan fakultas pilihan mba, jelas saya. Si mba tetap memohon untuk diganti, saya jawab lagi kalo Mba gak suka angka 13 kenapa masuk kedokteran ? , si Mba terlihat jadi tambah males ngeladeni obrolan “garing” saya.

Saya sendiri sedang sibuk, darah sempet naek, soalnya harus bicara “garing” di bulan puasa. Mungkin menurut dia permintaannya sangat penting, jadi pembicaraan ini gak bisa cepat. Saya biarin dia tetap menunggu saya merubah keputusan saya sendiri.

Akhirnya saya melunak, “Ok deh NPM Mba bisa diubah atau dibuatkan yang baru”, si Mba sedikit senyum, “tapi ada syaratnya” , jawab saya. Dia mendadak penasaran nanya sayaratnya apa. Saya jawab Mba harus membuat surat permohonan perubahan NPM ke rektor atau pr 1,  lalu surat yang sudah ditandatangani kirim kesaya. Meskipun kecewa saya berharap si Mba mengerti.

Ini memang sepele tapi.. bukankah kalo mau disiplin harus mulai dari yang sepele ?
Sekali lagi saya mohon maaf untuk mba yang ber npm terakhir 13.